Sukses

Abu Gunung Kelud Sampai ke Tasikmalaya

Namun abu vulkanik yang turun itu tidak separah di daerah jawa Tengah.

Abu vulkanik akibat letusan Gunung Merapi menyebar hingga ke Tasikmalaya, Jawa Barat. Abu vulkanik tampak menempel di tanah, jalanan, genting rumah, dan dedaunan.

Abu vulkanik mulai turun di Tasikmalaya sekitar pukul 06.00 WIB. Namun abu vulkanik yang turun itu tidak separah di daerah Jawa Tengah.

Meski demikian, warga yang keluar rumah mengenakan masker agar tidak terganggu asap dalam bernapas. Warga juga mengenakan payung saat skeluar rumah.

Karena pandangan terhalang abu vulkanik, kendaraan yang melintas di jalanan Tasikmalaya menyalakan lampu. Hingga kini belum ada imbauan atau instruksi dari pemerintah setempat soal ini.

Gunung Kelud meletus 23.50 WIB. Gunung itu menyemburkan asap dan material vulkanik setinggi 3.000 meter. Dan saat ini, gunung yang terletak di perbatasan Kediri, Blitar, dan Malang ini berstatus Awas atau level IV sejak Kamis 13 Februari, pukul 22.15 WIB. (Eks/Ism)

Baca juga:
Gunung Kelud dari Masa ke Masa
Detik-detik Meletusnya Gunung Kelud
Kelud Meletus, Jarak Pandang Pengendara di Klaten Hanya 5 Meter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini