Sukses

Kelud Meletus, Jarak Pandang Pengendara di Klaten Hanya 5 Meter

Para pengendara motor memperlambat laju kendaraannya karena jarak pandang begitu dekat.

Pasca-meletusnya Gunung Kelud, berdampak terjadinya hujan abu di beberapa wilayah. Termasuk, Klaten, Boyolali, Delanggu, Prambanan, dan Yogyakarta.

Hingga saat ini beberapa wilayah tersebut masih dilanda hujan abu. Para pengendara motor memperlambat laju kendaraannya karena jarak pandang begitu dekat. Hanya 5 meter jarak pandang pengendara bermotor. Akibatnya, Jalan Raya Kisaran Yogya dan Solo terlihat lengang.

"Hujan abu dari semalam memang belum berhenti, malah suasana pagi terlihat seperti malam, tadinya saya mau keluar berangkat kerja, melihat kondisi abu yang tebal hingga kisaran 4 cm. Saya memutuskan untuk lebih diam di rumah saja," ujar Gunawan, warga yang tinggal di Delanggu tepatnya di Jalan Raya Yogya-Solo, Jumat (14/2/2014).

Minimnya jarak pandang ini memaksa aparat Polres Klaten mengimbau agar pengendara lebih hati-hati memacu kendaraannya dan menggunakan masker saat berkendara.

"Ada beberapa kendaraan yang melintas di depan Pos Polisi Matahari Klaten kami berikan imbauan agar lebih hati-hati berkendara dan tidak terlalu memaksakan diri, karena kondisi jalan yang ditutupi abu ini. Selain itu kami juga memberikan saran agar menggunakan masker juga, karena abu ini dikhawatirkan mengganggu kesehatan" ujar Bripka Heriyanto, anggota Polantas Ppolres Klaten. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia, yang sudah meletus sejak tahun 1901 hingga tahun 2014.

    Gunung Kelud