Sukses

Abu Letusan Kelud Sampai Cilacap, Atap Rumah Berubah Jadi Putih

Hujan abu akibat letusan Gunung Kelud di Jawa Timur pada Kamis 13 Februari 2014 malam juga menyebar ke berbagai tempat di Kabupaten Cilacap.

Hujan abu akibat erupsi Gunung Kelud di Jawa Timur pada Kamis 13 Februari 2014 malam juga menyebar ke berbagai tempat di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (14/2/2014) pagi ini.

Sejumlah ruas jalan maupun atap rumah warga di Cilacap terlihat berwarna putih akibat tertutup abu. Salah seorang pedagang makanan keliling di Desa Kalikudi, Kecamatan Adipala, Sarno (37) mengatakan abu dari Gunung Kelud cukup tebal. "Saya terpaksa pakai payung agar boks tempat makanan ini tidak terkena debu," katanya.

Warga Desa Kalikudi, Cahya (28) mengaku baru mengetahui adanya hujan abu saat hendak mandi, sekitar pukul 06.00 WIB. Bahkan, kata dia, sekitar pukul 04.00 WIB sempat terjadi hujan gerimis yang disertai petir.

"Saat hendak mandi, saya lihat atap kamar mandi yang terbuat dari plastik transparan tampak berwarna putih. Saya baru menyadari kalau itu debu," katanya. Selain di Cilacap, hujan abu akibat erupsi Gunung Kelud dilaporkan menjangkau Desa Kalibening, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara.

Kepala Desa Kalibening Kodim mengatakan, ketebalan abu vulkanik di jalan maupun atap rumah warga mencapai kisaran 0,5-1 centimeter. "Meskipun terjadi hujan abu, aktivitas warga tetap berjalan normal," kata dia melalui saluran telepon.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status aktivitas vulkanik Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, pada Kamis pukul 21.15 WIB, sedangkan letusan terjadi mulai pukul 22.56 WIB. (Ant/Riz)

Baca juga:

Warga Kediri: Kelud Meletus, Hujan Pasir Deras Kayak Air
Sebelum Kelud Meletus, 1 Jam Tulungagung Digoyang 12 Kali Gempa
Gunung Kelud Meletus, Jarak Pandang di Trenggalek Hanya 50 Meter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.