Sukses

Gunung Kelud Meletus, Jarak Pandang di Trenggalek Hanya 50 Meter

Gunung Kelud meletus semalam, akibatnya di Trenggalek jarak pandang hanya sekitar 50 meter. Aktifitas sebagian warga pun terhenti.

Gunung Kelud Gunung Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur meletus Kamis 13 Februari malam sekitar pukul 23.50 WIB. Daerah-daerah sekitarnya pun terkena dampaknya. Trenggalek salah satunya, daerah yang terpisah hanya 1 kabupaten dari Kediri yakni Tulungagung ini menjadi salah satu daerah terdekat dengan Kediri.

Hingga kini, hujan pasir masih terus terjadi. Akibatnya, jarak pandang di wilayah tersebut sangat terbatas. "Saya melihat pohon sekitar jarak 50 meter ndak kelihatan nih, ketutup debu pasir. Bahaya jika keluar berkendara," kata Endik, warga Durenan, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, kepada Liputan6.com, Jumat (14/2/2014).

Selain itu, Endik mengaku, jalan di desanya juga tertutup pasir akibat letusan Gunung Kelud. Bahkan, sebagian aktivitas warga yang didominasi pedagang dan petani itu terhenti. "Jadi pada ndak berani keluar takut kenapa-kenapa," ujar Endik.

Bagi warga yang tetap beraktifitas, Endik mengungkapkan, para warga memakai masker. "Harus pakai masker, bisa sesak kalau tidak pakai (masker)," tandas Endik.

Gunung tersebut sebelumnya naik ke status awas pada pukul 21.15 WIB. Puncak gunung masih terlihat terus-menerus kilatan cahaya yang mengindikasikan adanya aktivitas erupsi. Kilatan itu terlihat dalam kondisi gunung yang gelap.

Selain bau belerang menyebar, juga sedikit terlihat kepulan gumpalan awan hitam di atas gunung itu dengan radius 15-20 kilometer itu dari puncak gunung tersebut. Ribuan masyarakat telah mengungsi. (Fiq/Rmn)

Baca juga:

Sebelum Kelud Meletus, 1 Jam Tulungagung Digoyang 12 Kali Gempa
Warga Kediri: Kelud Meletus, Hujan Pasir Deras Kayak Air
[VIDEO] Kelud Meletus, Petugas Terpaksa Tinggalkan Pos Pengamatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.