Sukses

Kabupaten Malang Terpapar Abu Kelud, Jalan ke Kediri Ditutup

Belum dilaporkan adanya hujan abu di kawasan Kota Malang yang relatif jauh dari Gunung Kelud

Gunung Kelud akhirnya meletus Kamis sekitar pukul 22.50. Semburan asap dan material vulkanik mencapai ketinggian 3.000 meter. Hujan abu dikabarkan juga terasa di sebagian besar di wilayah Kota Batu, Jawa Timur.
 
“Terutama di kawasan Songgoriti, jarak pandangnya hanya sekitar 3 meter,” kata Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kota Batu, Santoso Wardoyo saat dikonfirmasi Jumat (14/2/2014).
 
Menurutnya, arah angin yang ke timur mendorong abu vulkanik Gunung Kelud ke arah Kota Batu. Berdasarkan laporan yang diterimanya, di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, juga tak luput dari hujan abu.
 
“Di Pujon juga terjadi hujan abu, apalagi di Ngantang yang jaraknya lebih dekat dengan Kelud,” tutur Santoso.
 
Kota Batu berbatasan dengan Pujon dan cukup dekat dengan Ngantang, salah satu kecamatan di Kabupaten Malang yang rawan terdampak letusan Gunung Kelud.
 
Sementara itu, Polresta Batu menutup jalur Ngantang-Kediri setelah Gunung Kelud meletus. Di sepanjang jalur Ngantang-Kasembon, juga terjadi hujan abu disertai kerikil.
 
“Jalur Ngantang-Kediri kami tutup untuk sementara karena ada hujan abu. Pengendara dari Malang menuju Kediri lebih baik mencari jalan alternatif melalui Mojokerto-Jombang-Kediri,” kata Kabag Humas Polres Batu AKP M Yantofan melalui pesan tertulisnya.
 
Di Kota Malang, kilatan Gunung Kelud juga jelas terlihat berkali–kali. Meski demikian, belum dilaporkan adanya hujan abu di kawasan Kota Malang yang relatif jauh dari Gunung Kelud. (Zainul Arifin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.