Sukses

Di Yogya, Letusan Gunung Kelud Terdengar Seperti Bom

Gunung Kelud meletus sekitar pukul 22.50 WIB. Dampak meletusnya gunung yang terletak di Kediri, Jawa Timur ini terasa hingga ke Jogjakarta.

Gunung Kelud meletus Kamis sekitar pukul 22.50 WIB. Dampak meletusnya gunung yang terletak di perbatasan Malang, Kediri, dan Blitar, Jawa Timur, terasa hingga ke Kota Yogyakarta.

"Terdengar suara letusan seperti bom, kencang sekali. itu sampai 4 kali dalam waktu yang tidak lama," kata warga Yogyakarta, Tom, kepada Liputan6.com, Jumat (14/2/2014) dini hari.

Meski beberapa warga di lingkungannya sempat terkejut dengan suara dentuman keras tersebut, Tom berujar, warganya tidak mengalami kepanikan. "Nggak pada panik, malah langsung lihat TV semua untuk mengikuti kabar Gunung Kelud," ujar Tom.

Tom menjelaskan, untuk wilayah di Kota Jogjakarta, hanya suara dentuman keras saja yang dirasakan dari dampak Gunung Kelud meletus. "Getaran atau gempa dan bau belerang nggak sampai Yogya sih, cuma suara keras saja tadi itu seperti suara bom," tutp Tom.

Gunung Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur meletus. Gunung tersebut sebelumnya naik ke status awas pada pukul 21.15 WIB. Puncak gunung masih terlihat terus-menerus kilatan cahaya yang mengindikasikan adanya aktivitas erupsi. Kilatan itu terlihat dalam kondisi gunung yang gelap.

Selain bau belerang sudah menyebar, juga sedikit terlihat kepulan gumpalan awan hitam di atas gunung itu dengan radius 15-20 kilometer itu dari puncak gunung tersebut.

Ribuan masyarakat telah mengungsi dan saat ini masih berlangsung evakuasi. (Fiq/Yus)

Baca juga:
Letusan Gunung Kelud Terdengar Juga di Solo
Gunung Kelud Meletus, Semburan Lava Pijar Terlihat Jelas
Gunung Kelud Meletus, Kediri Dilanda Hujan Kerikil

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.