Suara Dentuman Keras Gunung Kelud Masih Terdengar di Trenggalek

  • Peristiwa
  • 0
  • 14 Feb 2014 01:53
Gunung Kelud meletus sekitar pukul 22.50 WIB. Tak pelak, daerah-daerah sekitarnya pun terkena dampaknya. Trenggalek salah satunya, daerah yang terpisah hanya 1 kabupaten dari Kediri yakni Tulungagung ini menjadi salah satu daerah terdekat dengan kediri, dimana Gunung Kelud berada.

Hingga kini, hujan pasir dan suara dentuman dari letusan Gunung Kelud tak kunjung berhenti. "Dari pas meletus itu suara seperti letusan bom dan gledek serta hujan pasir nggak kehitung sampai sekarang masih terdengar," kata Karto, warga Pogalan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, kepada Liputan6.com, Jumat (14/2/2014) dini hari.

Karto berujar, warga di desanya saat ini tengah berada di depan rumahnya masing-masing. Selain itu, warga juga berjaga di pos-pos ronda desanya. "Pada banyak yang keluar rumah, keliling pada jaga, kan jarak Trenggalek sama Kediri ndak terlalu jauh. Ya jaga-jaga gitu," ujar Karto.

Gunung Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur meletus. Gunung tersebut sebelumnya naik ke status awas pada pukul 21.15 WIB. Puncak gunung masih terlihat terus-menerus kilatan cahaya yang mengindikasikan adanya aktivitas erupsi. Kilatan itu terlihat dalam kondisi gunung yang gelap.

Selain bau belerang sudah menyebar, juga sedikit terlihat kepulan gumpalan awan hitam di atas gunung itu dengan radius 15-20 kilometer itu dari puncak gunung tersebut. Ribuan masyarakat telah mengungsi dan saat ini masih berlangsung evakuasi. (Fiq/Rmn)

Baca Juga:
Gunung Kelud Meletus, Kediri Dilanda Hujan Kerikil
Letusan Gunung Kelud Terdengar Juga di Solo
Di Yogya, Letusan Gunung Kelud Terdengar Seperti Bom

Credit: Rochmanuddin


Related Articles
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler