Gunung Kelud Meletus, Hujan Abu dan Pasir Hingga Radius 15 KM

  • Peristiwa
  • 0
  • 14 Feb 2014 00:29
Gunung Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur meletus. Gunung tersebut sebelumnya naik ke status awas pada pukul 21.15 WIB.

"Erupsi Gunung Kelud masih berlangsung hingga saat ini. Erupsi pertama terjadi 22.50 WIB," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan tertulisnya, Jumat (14/2/2014) dini hari.

Sutopo menambahkan, arah erupsi saat ini menuju ke barat daya. Wilayah tersebut kini terkena hujan abu. "Hujan abu, pasir dan kerikil diperkirakan hingga di radius 15 km," imbuh dia.

Puncak gunung masih terlihat terus-menerus kilatan cahaya yang mengindikasikan adanya aktivitas erupsi. Kilatan itu terlihat dalam kondisi gunung yang gelap.

Ribuan masyarakat telah mengungsi dan saat ini masih berlangsung evakuasi. Masyarakat diimbau mengungsi dengan tertib dan tidak panik.

"Masyarakat diimbau mengungsi di luar radius 10 kilometer. Di sisi barat masyarakat telah mengungsi di Kecamatan Wates, Kecamatan Ponggok, Kecamatan Sanan Kulon, Kecamatan Gurah, Kecamatan Pare dan lainnya. Warga diimbau tetap berada di dalam ruangan," tegas Sutopo. (Ali/Rmn)

Baca juga:

Status Gunung Kelud Naik Jadi Awas, Warga Panik Siap Dievakuasi

PVMBG: 6 Jam Gunung Kelud Terus Gempa Tremor, Erupsi Kian Dekat

Magma Gunung Kelud Terus Naik, Warga Belum Dievakuasi



(Muhammad Ali )


Related Articles
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler