Sukses

4 Desa Aman, 1.806 KK Pengungsi Sinabung Bakal Dipulangkan

Meski dipulangkan, pemerintah masih terus memperhatikan nasib warga tersebut dengan memberikan sejumlah dana bantuan.

Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho menegaskan pihaknya akan memulangkan 1.806 kepala keluarga (KK) pengungsi Gunung Sinabung. Hal itu lantaran desa mereka dinilai telah aman dari erupsi.

"1.806 KK itu berasal dari 4 desa yang dinilai cukup aman dari erupsi Sinabung," kata Gatot di Medan, Kamis (13/2/2014).

Meski dipulangkan, pemerintah masih terus memperhatikan nasib warga tersebut dengan memberikan dana bantuan Rp 50 ribu per kepala keluarga (KK), ditambah jaminan hidup dari Kementerian Sosial senilai Rp 6.000 per jiwa setiap hari, serta bantuan bibit dan pupuk.

Bantuan uang itu diberikan selama warga masih membersih-bersihkan rumah dan lahannya serta belum mendapat penghasilan dari ladang mereka.

Sementara bantuan bibit dan pupuk akan diberikan saat warga mulai bertanam kembali.

Jumlah pengungsi Gunung Sinabung hingga kini tercatat 30.129 jiwa atau 9.402 kepala keluarga (KK), yang ditempatkan di 46 pos penampungan. (Ant/Ali/Sss)

Baca juga:

4 Pengungsi Sinabung Melahirkan, 15 Lainnya Hamil Besar

Korban Tewas Sinabung Bertambah Jadi 17 Orang

Sinabung Masih Bergolak, Warga 15 Desa Harus Tetap Mengungsi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.