Sukses

BMKG: Kabut Asap Riau Tak Akan Sampai Singapura-Malaysia

Menurut sumber BMKG, kebakaran tak hanya melanda Sumatera, tapi juga terjadi di beberapa negara tetangga, termasuk Malaysia.

Kebakaran lahan di Sumatera telah menimbulkan kabut asap di sekitar wilayah Riau. Kabut asap tersebut dinilai tak akan menembus negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

"Sampai saat ini arah angin masih dari utara dan timur sampai ke selatan atau berlawanan dengan negara-negara tetangga, sehingga logikanya, asap Riau tidak akan sampai ke Malaysia atau Singapura," kata analis BMKG Stasiun Pekanbaru Ahmad Agus Widodo di Pekanbaru, Kamis (13/2/2014)

Menurut sumber BMKG, kebakaran tak hanya melanda Sumatera, tapi juga terjadi di beberapa negara tetangga, termasuk Malaysia dan beberapa negara lainnya. Sehingga jika dikabarkan Singapura telah tercemar kabut asap belum, tentu asap itu berasal dari kebakaran lahan di Riau.

"Karena memang kenyataannya tiupan angin tidak mengarah ke Singapura. Potensi terbesar sebaran kabut asap hanya di sekitar wilayah Riau termasuk Pekanbaru," jelas dia.

Menurut sumber informasi dari Pemerintah Singapura, negara tersebut mulai mengkhawatirkan dampak kabut asap tersebut.

Pada 2013, kabut asap akibat kebakaran lahan di Riau sempat menjangkau Malaysia dan Singapura. Sehingga Pemerintah Singapura saat itu sempat mengajukan protes kepada Indonesia. (Ant/Ali/Sss)

Baca juga:

[VIDEO] Kabut Asap Ganggu Penerbangan 2 Bandara

Kabut Asap Sumatera di Depan Mata, Menteri Singapura Gusar

[VIDEO] Kebakaran Lahan di Riau Diduga Disengaja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.