Sukses

Menanti Valentine Jennifer Dunn di KPK

Dara cantik kelahiran 10 Oktober 1989 itu disebut-sebut terkait dengan tersangka kasus pencucian uang Pilkada Lebak, Wawan. Mobilnya disita.

Setelah sekian lama menjadi pertanyaan siapa artis yang mendapat mobil mewah dari tersangka Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan, satu per satu nama akhirnya diungkap KPK.

Mobil mewah Toyota Vellfire berwarna putih milik artis Jennifer Dunn tiba-tiba menjadi sorotan pada Rabu 12 Februari 2013. Sebab mobil bernomor polisi B 510 JDC itu disita KPK dari rumah Jennifer di Jalan Bangka, Jakarta Selatan.

Dara cantik kelahiran 10 Oktober 1989 itu disebut-sebut terkait dengan tersangka kasus pencucian uang di Pilkada Lebak, Tubagus Chaery Wardana alias Wawan.

"Tadi sore penyidik KPK terkait penanganan perkara dugaan TPPU dengan tersangka TCW telah melakukan penyitaan kembali terhadap mobil Toyota Vellfire putih B 510 JDC," kata Juru Bicara KPK Johan Budi melalui pesan singkat.

Selebritis itu pun kini menjadi buruan para pencari berita. Namun sayang, sejak penyitaan mobil mewah itu sosoknya menghilang begitu saja.

Kini mobil itu sudah berada di gedung KPK, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Tapi, Johan belum menjelaskan secara rinci dalam konteks apa mobil itu diberikan kepada Jennifer.

"Sejauh mana informasi detail, penyidik yang tahu," ucap Johan.

Usai penyitaan mobil mewah itu, Johan pun menyatakan bahwa sangat terbuka kemungkinan penyidik KPK memeriksa Jennifer Dunn.

"Bisa saja nanti dimintai klarifikasi. Tapi saat ini saya belum tahu," ujar Johan.

Saat berusaha ditemui di kediamannya, Jennifer dikabarkan tak ada. Pembantunya mengaku bahwa sudah dua hari artis yang pernah tersandung kasus narkoba ini, tidak ada di rumah.

"Tidak ada, sudah dua hari dia (Jennifer) tidak di rumah," kata pembatu yang tak mau disebut namanya itu di Jalan Bangka, Jakarta Selatan, Kamis 13 Februari.

Kediaman yang biasa ditinggali Jennifer sehari-hari pun kini terlihat sepi.

Keterangan dari pembantu Jennifer ini bertolak belakang dengan keterangan yang diberikan salah satu tetangga, Mega. Ia mengatakan, tadi pagi Jennifer dan satu orang kerabatnya baru pulang dengan menggunakan mobil Honda Jazz abu-abu bernopol, B 8769 YB.

"Tadi pagi, sekitar jam 07.30, kayaknya baru datang. Berdua dia sama temannya. Biasanya juga gitu, sering pulang pagi," kata Mega.

Rabu siang sekitar pukul 12.00 WIB, mobil Honda Jazz abu-abu B 8769 YB yang tadi pagi keluar dari kediaman artis Jennifer Dunn datang lagi. Mobil itu pun terlihat langsung masuk ke dalam garasi rumah Jennifer. Namun tak diketahui siapa yang ada di dalamnya.

Pantauan Liputan6.com, Kamis di rumah Jennifer Dunn di kawasan di Jalan Bangka, Jakarta Selatan, pengamanan kedatangan mobil ini cukup ketat. Pria berbadan tegap besar terlihat membukakan pintu mobil. Saat ditanyai tentang keberadaan Jennifer, pria bertopi hitam itu tak menjawab banyak.

"Tidak ada di rumah," jawab pria itu tegas, sambil menutup pintu garasi hingga menimbulkan suara keras.

Sementara penumpang dalam mobil, diyakini masih sama. Yaitu ada 3 orang di dalam mobil. 2 Laki-laki di kursi depan, dan 1 orang di tengah. Kendati demikian, masih belum diketahui siapa identitas para penumpang mobil tersebut. Sebab kaca mobil Jazz tersebut begitu gelap.

Namun, saat mobil tersebut keluar lagi, kaca pintu mobil depan sempat terbuka. Dan terlihat pengemudi wanita dalam mobil cepat-cepat menutup jendela yang dilapisi kaca film nan gelap.

Penumpang wanita itu duduk dengan posisi kursi agak rendah seperti sedang tidur. Ia memakai baju bergaris horisontal hitam putih, dan menutupi mukanya dengan kedua tangannya.

Sekilas, terlihat cincin bermata hijau melingkar di jari penumpang itu. Mungkinkah itu Jennifer Dunn?

Saat pembantu rumah tangga Jennifer dimintai keterangan, ia tak menjawab apa pun. Hanya bergegas menutup pagar rumah Jennifer.

Sering Dikunjungi Wawan?

Adik Gubernur Banten Ratu Atut, Tubagus Chaery Wardana alias Wawan itu diketahui warga sekitar kerap menyambangi rumah Jennifer.

Salah satu warga di sekitar Jalan Bangka, Jakarta Selatan, Wisnu (54) mengatakan, Jennifer memang biasa terlihat memakai mobil Vellfire putih. Sedangkan Wawan, bila datang ke rumah Jennifer mengendarai Toyota Alphard hitam.

"Biasanya malam jam 11 atau 12. Bawa ajudan atau temannyalah," ungkap Wisnu.

Wisnu juga mengaku kerap melihat suami Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diani beberapa minggu sebelum ditangkap. "Terakhir Wawan datang 3 minggu sebelum tertangkap KPK," lanjut Wisnu.

Selain Wawan, kediaman artis berusia 24 tahun yang pernah tersandung kasus narkoba itu pun sering kedatangan tamu-tamu pria. Hal itu diungkapkan salah satu penjaga warung yang enggan disebut namanya.

"Sering datang laki-laki ke rumahnya. Waktu acara tahun baru aja, ramai tuh di rumahnya. Rata-rata temannya laki-laki," ucap ibu penjaga warung itu.

Asal-usul Mobil Mewah

Mobil mewah yang disita KPK dari rumah Jennifer Dunn kini teronggok di halaman parkir Gedung KPK. Meski demikian, belum diketahui asal-usul mobil tersebut. Sebab Jennifer belum dapat ditemui untuk memberikan komentar.

Menurut mantan kuasa hukum Jennifer Dunn, Sunan Kalijaga, mobil tersebut memang diberikan Wawan kepada bintang sinetron Bukan Salah Bunda Mengandung itu untuk kepentingan kemudahan transportasi. Jennifer memang terdaftar sebagai salah satu artis yang berada dalam naungan rumah produksi milik Wawan.

"Jennifer memang bekerja di sebuah rumah produksi milik Wawan," kata Sunan Kalijaga saat dihubungi melalui telepon di Jakarta.

Tak cuma kepada Jennifer Dunn, Wawan diketahui kerap memberikan beragam fasilitas kepada para artis yang bergabung di rumah produksinya. Semua itu untuk menunjang kebutuhan para artis di lokasi syuting.

"Kepada Jennifer dan artis lainnya, Wawan juga memberikan berbagai fasilitas seperti baju, sepatu, atau kosmetik," papar Sunan.

Seorang warga yang enggan disebutkan namanya menuturkan, mobil mewah itu sudah sejak Agustus tahun lalu digunakan oleh Jennifer.

"Sekitar bulan puasa (Agustus 2013), pokoknya sebelum Lebaran mobil kayak Alphard putih itu udah dibawa Jenni," ujar tetangga Jennifer itu saat ditemui di Jalan Bangka.

Tetangganya itu juga menyebutkan, Jennifer kerap ngebut saat mengendarai mobil mewah itu.

Sementara itu, Johan mengonfirmasikan bahwa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) Toyota Vellfire tersebut sudah diperiksa penyidik. Diketahui, STNK mobil itu atas nama artis yang pernah tersandung kasus narkoba tersebut.

"(STNK) atas nama Jennifer Dunn," ucap Johan di Gedung KPK.

Informasi yang dihimpun Liputan6.com, mobil tersebut memiliki STNK bertanggal 4 September 2013. Artinya, kemungkinan mobil itu dibeli sebulan sebelumnya, atau sekitar awal Agustus 2013.

Berdasarkan informasi itu, mobil diperkirakan dibeli 2 bulan sebelum Wawan ditangkap penyidik KPK pada Oktober 2013 terkait kasus dugaan pengurusan sengketa Pilkada Kabupaten Lebak, Banten 2013 di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Tanggal STNK mobilnya itu 4 September 2013. Kalau lihat tanggal di STNK, sangat mungkin pembelian mobil itu oleh TCW buat Jennifer Dunn sekitar Agustus 2013," kata seorang sumber di KPK.

Menanti Kemunculan Jennifer

KPK akan memeriksa artis kelahiran campuran Jawa-Amerika ini sebagai saksi kasus pencucian uang Wawan. Jennifer akan dimintai keterangannya terkait mobil yang disita KPK karena diduga pemberian suami Airin Rachmi Diany tersebut. Klarifikasinya pun ditunggu KPK.

"Kemungkinan akan diklarifikasi dengan pemeriksaan kepada yang bersangkutan sebagai saksi," ungkap Johan.

Johan menyatakan, Jennifer harus mengklarifikasi terkait mobil yang diduga pemberian dari suami Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany itu. Sebab, saat ini penyidik KPK tengah menelusuri aset-aset Wawan yang diduga merupakan hasil pencucian uang yang diduga berasal dari hasil korupsi.

KPK memastikan, artis Jennifer Dunn diperiksa penyidik pada Jumat 14 Februari 2014 besok. Bertepatan dengan Valentine Day itu, Jennifer akan dimintai keterangannya terkait mobil Toyota Vellfire warna putih B 510 JDC yang disita penyidik dari kediamannya di Jalan Bangka.
 
"Iya besok diperiksa. Barusan saya sudah cek (ke penyidik)," beber Johan.

Perwakilan kantor pengacara Hotman Paris Hutapea selaku kuasa hukum Jennifer Dunn menyatakan pihaknya akan menemani Jennifer saat menjalani pemeriksaan KPK saat Valentine nanti.

"Besok Jennifer Dunn bakal dipanggil KPK untuk menjalani pemeriksaan," ucap perwakilan kantor pengacara Hotman Paris.

Tak diduga, keluarga Jennifer Dunn mulai buka mulut pada Kamis malam. Menurut pihak keluarga, Jennifer saat ini sedang berada di daerah Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Misteri hubungan antara dara pemain sinetron berjudul Dia, Dan, Atas Nama Cinta, Malin Kundang 2 dengan Wawan hingga kini belum terkuak. Kita tunggu saja apa penjelasan Jennifer terkait kasus yang turut menjerat namanya itu. (Tnt/Ali)

Baca juga:

Jennifer Dunn, dari Kecupan Narkoba Sampai Vellfire Wawan
Disebut Terima Aliran Dana Wawan, Syahrini Tantang KPK Buktikan
Ditanya Mobil Jennifer Dunn dari Wawan, Airin Hanya Tersenyum


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.