Sukses

Berkas Lengkap, Tersangka Penyuap Luthfi Hasan Segera Disidang

Paling lambat 14 hari ke depan Maria Elizabeth Liman akan dihadapkan ke majelis hakim Pengadilan Tipikor.

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merampungkan berkas penyidikan Maria Elizabeth Liman, tersangka kasus dugaan suap kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian. Direktur Utama PT Indoguna Utama tersebut akan segera disidangkan ke meja hijau.

"Berkas perkasa tersangka MEL sudah naik tahap II atau P21. Artinya naik ke penuntutan," kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP dalam pesan tertulisnya, Kamis (13/2/2014).

Johan mengatakan, paling lambat 14 hari ke depan Maria akan dihadapkan ke majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta. Dia akan mendengarkan pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK. "Paling lambat 2 minggu lagi sidang," kata Johan.

Dalam kasus ini, Direktur PT Indoguna Utama Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi sudah divonis 2 tahun 3 bulan, dan denda Rp 150 juta subsider 3 bulan kurungan penjara oleh majelis hakim pengadilan tindak pidana korupsi Jakarta. Keduanya dinyatakan terbukti bersalah melanggar UU Tipikor.

Selain menyeret keduanya dan Maria Elizabeth Liman, kasus ini juga menyeret mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq bersama teman dekatnya, Ahmad Fathanah. Luhtfi Hasan divonis 16 tahun penjara dan Ahmad Fathanah 14 tahun bui.

Maria telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK sejak 19 April 2013. Selaku pemilik PT Indoguna atau perusahaan importir daging sapi disangka melanggar Pasal 5 Ayat 1 huruf a atau b atau Pasal 13 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

Ia diduga sebagai pihak yang memberikan suap sebesar Rp 1,3 miliar ke Luthfi melalui Fathanah agar mendapat tambahan kuota impor daging sapi 2013 di Kementerian Pertanian. (Mvi/Yus)

Baca juga:

Kasus Suap Impor Sapi, KPK Panggil Staf Keuangan PT Indoguna
KPK Geledah Kantor Penyuap Luthfi Hasan Ishaaq
Luthfi Hasan Dibui, Darin Mengaku Tinggal di Rumah Mertua
Vellfire Jennifer Dunn Dibeli 2 Bulan Sebelum Wawan Ditangkap KPK
Pakai Cincin Mata Hijau, Jennifer Dunn Kah di Mobil Honda Jazz?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.