Sukses

[VIDEO] Aktivitas Kelud Terus Meningkat, Waspada di Radius 5 Km

Pantauan petugas pos pengamatan Sugihwaras, Kediri, tingkat kegempaan Gunung Kelud meningkat berkisar 120-150 kali tiap 6 jam.

Aktivitas vulkanik Gunung Kelud terus meningkat sejak statusnya ditetapkan menjadi Siaga, Minggu 9 Februari lalu. Dalam pantauan petugas pos pengamatan Sugihwaras, Kediri, tingkat kegempaan Gunung Kelud meningkat berkisar 120-150 kali tiap 6 jam.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (13/2/2014), suhu air kawah pun meningkat 4 derajat dari 52 menjadi 56 derajat celcius. Ini mengisyaratkan adanya pergerakan magma di dalam perut gunung.

Selain di pos pengamatan Sugihwaras, aktivitas vulkanik Gunung Kelud juga dipantau terus-menerus di Kantor Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Bandung. Meski terus meningkat, erupsi gunung diperkirakan belum akan terjadi dalam waktu dekat.

PVMBG mengimbau warga untuk selalu waspada dan tidak beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari puncak gunung. Apalagi Gunung Kelud mulai mengeluarkan asap dan bahkan ada laporan sejumlah satwa liar sudah mulai meninggalkan hutan di lereng gunung.

Kemarin tenda-tenda pengungsian sudah berdiri di Lapangan Wates dan Segaran, Kediri, Jawa Timur. Tenda-tenda ini disiapkan untuk menampung warga jika sewaktu-waktu Gunung Kelud Meletus. Selain tenda, peta jalur evakuasi juga sudah mulai disosialisaikan. (Dan/Mut)

Baca juga:

Warga Diimbau Tak Beraktivitas 5 Km dari Kawah Kelud
Status Gunung Kelud Siaga, Puskesmas Standby 24 Jam
Kegempaan Meningkat, Gunung Kelud Kemungkinan Besar Meletus

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini