Sukses

Warga Diimbau Tak Beraktivitas 5 Km dari Kawah Kelud

Imbauan dikeluarkan setelah status Gunung Kelud naik menjadi Siaga III.

Warga di wilayah Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur diimbau tak beraktivitas 5 kilometer dari kawah Gunung Kelud. Hal itu untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan.
 
“Kami sudah mengeluarkan imbauan pada warga agar tak beraktivitas di dekat Kelud, terutama radius 5 kilometer,” kata Koordinator Tim Siaga Jangkar Kelud Pokja Ngantang, Parno, Rabu (12/2/2014).
 
Imbauan tersebut dikeluarkan setelah status Gunung Kelud naik menjadi Siaga III. Imbauan diutamakan pada warga di area Kawasan Rawan Bencana (KRB) III dengan radius di bawah 10 kilomter dari Gunung Kelud. Di Kecamatan Ngantang ada 6 desa masuk KRB III antara lain Desa Pagersari, Pandansari, Sidodadi, Ngantru dan Banturejo.

KRB III merupakan kawasan yang selalu terancam awan panas, gas racun, lahar letusan dan aliran lava. Serta kawasan yang sangat berpotensi tertimpa lontaran batu (pijar) dan hujan abu lebat dalam radius 2 km dari pusat erupsi.
 
Tim Siaga Jangkar Kelud sendiri terus mendapat informasi perkembangan kondisi Gunung Kelud dari Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG). Selain itu memantau antar Pokja Jangkar Kelud melalui handy talkie dan radio komunitas.
 
“Kita menerapkan early warning system antar pokja Jangkar Kelud di tiga daerah yakni Malang, Blitar, dan Kediri,” ucap Parno.
 
Di Kecamatan Ngantang terutama di Desa Pandansari, seluruh kepala rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) sudah diberi sosialisasi. Misalnya, apa yang harus dilakukan jika status Gunung Kelud waspada atau siaga bahkan jika meletus.

"Sekarang kami juga masih mendata jumlah warga berdasarkan kelompok usia, termasuk mendata jumlah ternak," tandas Parno. (Mvi/Yus)

Baca juga:

Status Gunung Kelud Siaga, Puskesmas Standby 24 Jam
Kegempaan Meningkat, Gunung Kelud Kemungkinan Besar Meletus
Antisipasi Kelud Meletus, Pemkab Malang Siapkan 50 Ribu Masker
2 Lokasi Evakuasi Disiapkan Pemkab Malang Jika Kelud Meletus

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia, yang sudah meletus sejak tahun 1901 hingga tahun 2014.

    Gunung Kelud