Sukses

[VIDEO] Pengungsi Sinabung Mulai Dipulangkan Secara Bertahap

Sejumlah warga desa di Gunung Sinabung yang masuk dalam zona aman di luar radius 5 kilometer mulai dipulangkan secara bertahap.

Sejak pagi tadi para pengungsi Sinabung mulai bersiap-siap. Mereka berencana pulang kembali ke kampung halaman setelah sebulan terpaksa mengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (12/2/2014), satu per satu barang dirapikan dan diangkut. Mereka siap kembali ke kampung halaman setelah mendapat rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Namun sebagian pengungsi masih enggan pulang karena khawatir letusan masih terjadi dan mengancam jiwa mereka. Sebagian warga masih menunggu hujan turun. Karena pengungsi yang sebagain besar petani ini belum bisa ke ladang karena debu Sinabung masih tebal.

Sebagain warga yang sudah sampai di rumah memilih membersihkan rumah. Debu yang sangat tebal memaksa mereka harus membersihkan rumah berkali-kali. Sebagian perkampungan bahkan memilih bergotong royong merapikan desanya. (Nfs/Ism)


Baca juga:
4 Pengungsi Sinabung Melahirkan, 15 Lainnya Hamil Besar
Korban Tewas Sinabung Bertambah Jadi 17 Orang
[VIDEO] Aktivitas Kelud Meningkat, Tenda Pengungsian Disiapkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.