Sukses

6 Kandidat Calon Wakapolri Versi IPW

Saat ini, ada 6 nama jenderal yang dinilai mumpuni menggantikan Jenderal Bintang Tiga itu di kursi Polri-2.

Wakapolri Komjen Pol Oegroseno akan memasuki masa pensiun pada 17 Februari 2014 ini. Saat ini, ada 6 nama jenderal yang dinilai mumpuni menggantikan Jenderal Bintang Tiga itu di kursi Polri-2.

"Kapolri diharapkan memilih kader yang terbaik sebagai wakilnya. Karena tugas Wakapolri baru akan lebih berat dibandingkan dengan era sebelumnya," kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (12/2/2014).

Wakapolri yang baru dituntut harus membantu Kapolri mengawal Pemilu dan Pilpres 2014 secara profesional dan independen. Selain itu, juga harus mengawal masa transisi kepemimpinan Polri.

"Bagaimana pun dengan terpilihnya presiden baru tentu akan terjadi juga pergantian di pucuk pimpinan Polri," ujar Neta.

IPW menyebut ada 5 tugas berat Polri ke depan yang harus menjadi perhatian Wakapolri. Pertama mengamankan Pemilu dan Pilpres 2014; kedua, memberantas terorisme; ketiga, membasmi jaringan narkoba; keempat, menghentikan kejahatan bersenjata api; dan kelima, mengatasi kemacetan lalulintas di kota kota besar yang kian parah.

IPW menilai dari sekitar 400 jenderal yang ada saat ini, ada 6 nama yang berpeluang menjadi Wakapolri. Berikut 6 nama jenderal yang berpeluang versi IPW:
1. Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Komjen Pol Badrodin Haiti
2. Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian Komjen Pol Budi Gunawan
3. Asisten Prasarana Polri Irjen Tubagus Anis Angkawijaya
4. Kepala Korps Lantas Irjen Pol Pudji Harjanto
5. Kadiv Propam Irjen Pol Syafruddin
6. Kapolda Metro Jaya Irjen Putut Eko Bayuseno

(Ism/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.