Sukses

Transjakarta Berkarat, Ahok: Ada Rekayasa Menangkan Produk Ini

Terutama soal klausul kualitas bahan yang digunakan. Jangan sampai ketika ada masalah, vendor berlindung di balik kontrak.

Kontrak kerja sama pengadaan bus antara Dinas Perhubungan (Dishub) DKI dengan vendor atau penyedia barang akan dikaji ulang. Terutama soal klausul kualitas bahan yang digunakan. Jangan sampai ketika ada masalah, vendor berlindung di balik kontrak.

"Kontrak kita juga lemah. Ada kesengajaan membuat kontrak yang lemah, di DKI selalu begitu. Kemungkinan ada rekayasa untuk menangkan produk ini," kata Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota DKI, Jakarta, Rabu (12/2/2014).

Maka itu, pria yang karib disapa Ahok ini akan mempelajari kontrak tadi. Khususnya, apakah ada unsur kesengajaan dalam kontrak yang lemah itu. "Kalau di situ kita harus pelajari lebih dalam apakah ada kesengajaan?" cetusnya.

Khusus untuk bus-bus baru Transjakarta yang rusak, Ahok akan mengerahkan tenaga ahli. Tujuannya, untuk meneliti kualitas bus.

"Untuk menilai pantas nggak sih mesin yang lewat laut aja dalam kapal nggak kena air laut, hanya kena hawa laut, tiba-tiba karatan. Apa ini bukan karena sengnya lebih banyak?" ujar Ahok.

Ahok mengakui lemahnya kontrak kerja sama Dishub dengan vendor. Sehingga kualitas fisik bus tidak terjamin. Hal itu ia ungkapkan setelah mendapat laporan dari Inspektorat DKI yang Selasa kemarin memeriksa pihak Dishub.

"Memang barangnya sudah nggak layak pakai," tegas mantan Bupati Belitung Timur ini.

Kepala Inspektorat Provinsi DKI Franky Mangatas Panjaitan sudah memeriksa perwakilan panitia pengadaan bus, pengawas, dan Dishub. Pemeriksaan digelar di ruang rapat khusus Inspektorat Provinsi DKI, Selasa 11 Februari kemarin sekitar 3 jam. (Ism/Sss)

Baca juga:

Protes BKTB Diduga Berbau Politik, Ahok: Kita Cari Otaknya Siapa

Transjakarta Berkarat, ATPM: Kami Ganti Tapi Jangan Dipolitisir

DPRD DKI: Transjakarta Karatan Jangan untuk Politisir Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

Video Terkini