Sukses

[VIDEO] Antisipasi Ledakan Kelud, Warga Sekitar Kemasi Barang

Warga di sekitar Gunung Kelud, Kediri, mulai memindahkan barang berharga mereka untuk mengantisipasi terjadinya ledakan Gunung Kelud.

Warga di sekitar Gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur, mulai memindahkan barang berharga mereka untuk mengantisipasi terjadinya ledakan gunung yang kini dalam status Siaga.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (12/2/2014), diperkirakan erupsi Gunung Kelud akan mengeluarkan awan panas. Hal ini harus diwaspadai untuk menghindari jatuhnya banyak korban jiwa seperti letusan pada tahun 1990 lalu.

Meski masih enggan untuk mengungsi, warga di sekitar lereng Kelud seperti warga Desa Sugihwaras, Kediri, mulai mengemasi benda-benda dan surat-surat berharga mereka. Sehingga bila Gunung Kelud benar-benar meletus mereka sudah siap untuk diungsikan.

Polisi juga terus melakukan sosialisasi jalur evakuasi pada warga. Selama ini warga enggan mengungsi karena khawatir harta benda mereka dicuri. Polisi memastikan akan melakukan patroli di sekitar rumah warga selama mereka mengungsi.

Berdasarkan pengamatan dari pos pengamatan Gunung Kelud, di Desa Sugihwaras, peningkatan kegempaan di Gunung Kelud sudah mengarah terjadinya erupsi. Erupsi akan berbahaya bila dibarengi dengan keluarnya awan panas.

Gunung Kelud pernah meletus pada tahun 1990 lalu dan menyebabkan jatuhnya banyak korban jiwa. Saat itu sebanyak 34 warga tewas terkena awan panas. (Dan/Ali)

Baca juga:

Aktivitas Meningkat, Gunung Kelud Diprediksi Bakal Erupsi
Antisipasi Kelud Meletus, Pemkab Malang Siapkan 50 Ribu Masker
[VIDEO] Gunung Kelud Siaga, Aktivitas Warga Masih Normal



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini