Sukses

Diduga Pemberian Wawan, 2 Mobil Anggota DPRD Banten Disita KPK

KPK kembali menyita 2 mobil milik anggota DPRD Banten yang diduga pemberian Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan penyitaan terkait kasus dugaan tindak pidana pencucian uang yang dilakukan Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan. Kali ini, KPK menyita 2 mobil milik anggota DPRD Banten.

Kedua mobil itu disita karena diduga merupakan pemberian dari adik kandung Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah. 2 Mobil yang disita itu yakni Mercedes Benz C250 dan Toyota Vellfire.

"Betul dari anggota DPRD (Banten)," ujar Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto ketika dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (11/2/2014).

Sementara Juru Bicara KPK Johan Budi SP mengatakan, 2 unit mobil itu disita dari rumah Ketua DPC Partai Golkar Pandeglang, Gunawan.

"Kalau nggak salah, rumahnya di Pandeglang, Banten. Tadi pagi dibawa ke KPK, sore ini sudah sampai kali. Penyitaan ini terkait proses penyidikan yang sama," ucap dia.

Senin 10 Februari 2014, KPK juga menyita satu mobil Honda New CRV dari anggota DPRD Banten, Media Warman. Mobil itu juga diduga berasal dari pemberian Wawan.

KPK saat ini terus mendalami kasus dugaan TPPU yang dilakukan Wawan. Belakangan mencuat dugaan Wawan memberikan mobil mewah kepada sejumlah anggota DPRD Banten. Pemberian mobil-mobil mewah tersebut ditengarai menyangkut pemulusan anggaran sejumlah proyek di Banten.

Diperoleh informasi, anggota DPRD Banten yang diduga menerima mobil mewah dari Wawan adalah anggota DPRD dari Fraksi Partai Demokrat, Edi Yus Amirsyah. Dia menerima 4 mobil yaitu Jeep Rubicon, Moris, Mercy seri E dan seri R. Selanjutnya Thoni Fathoni Mukson dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa yang ditengarai menerima mobil Toyota Vellfire.

Selain Edhie dan Thoni, 3 anggota DPRD Banten lainnya juga diduga turut menerima mobil dari Wawan. Mereka adalah Aeng Haerudin ditengarai menerima Mercy E300 dan Toyota Alphard, Media Warman diduga menerima Honda CRV dan Mercy C200. Termasuk Sonny Indra Djaya yang diduga menerima Honda CRV. (Ado/Sss)

Baca juga:

KPK: Balikin Mobil Wawan Tak Hapus Sangkaan Anggota DPRD Banten
KPK Sita Mobil Pemberian Wawan untuk Anggota DPRD Banten
Aliran Dana ke Artis, Pengacara Wawan: Bisa Saja Urusan Bisnis
Senyuman Walikota Airin Saat Ditanya Aliran Dana Suami ke Artis
Ini Alasan PPATK Sulit Lacak Aliran Dana Wawan ke Artis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini