Sukses

Jasad TKW dalam Peti Berangkat ke Malaysia Naik Kapal Tongkang

Anita diketahui berangkat menuju Malaysia dengan menumpang kapal tongkang sebelum akhirnya dipekerjakan sebagai pembantu rumah tangga.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Indonesia terus menulusuri status TKW Anita Purnama Hutauruk, yang jasadnya ditemukan membusuk di dalam peti mati. Jasad Anita mengapung dalam peti di perairan Riau pada Jumat 7 Februari yang lalu.

Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kemenlu, Tatang Budie Utama Razak mengatakan, Anita diketahui berangkat menuju Malaysia dengan menumpang kapal tongkang.

"Anita diketahui berumur 30 tahun, menggunakan kapal tongkang saat berangkat ke Malaysia. Dokumen dan surat-suratnya (Anita) tidak lengkap," kata Tatang di Gedung Kemenlu, Jalan Pejambon Jakarta Pusat, Selasa (11/2/2014).

Tatang menjelaskan, hal tersebut diketahui saat pihaknya mendatangi kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur. "Kami mengetahuinya saat sudah melakukan beberapa penyelidikan dengan KBRI di Kuala Lumpur," ujar Tatang.

Menurut informasi yang didapatkan, saat ini Kemenlu sudah menemukan beberapa data tentang Anita saat tinggal di Malaysia. Tatang menambahkan, saat data yang dibutuhkan sudah lengkap, pihaknya akan langsung melakukan kerjasama dengan pihak terkait.

"Kontak terakhir dari informasi yang kita dapat anita tinggal di rumah kakak perempuannya bernama Eli d Malaysia, kontak terakhir 2 minggu sebelum ditemukan. Kita juga sudah kirim tim ke Binjai tempat keluarga Anita tinggal. Jika semua sudah lengkap, kita bekerjasama dengan pihak kepolisian," pungkas Tatang.

Anita merupakan warga Jalan Bintara, Kelurahan Satria, Kota Binjai, yang berangkat ke Malaysia pada Agustus 2013. Anita sebenarnya akan bekerja di sebuah rumah makan. Namun sampai di Malaysia ternyata dipekerjakan sebagai pembantu rumah tangga. Keluarga tak tahu perusahaan apa yang memberangkatkan Anita.

Jasad Anita ditemukan oleh nelayan dalam keadaan membusuk di dalam peti yang mengapung di perairan laut Bagansiapiapi Sinaboi, Provinsi Riau, Jumat 7 Februari lalu. Anita akhirnya dimakamkan di kampung halamannya pada Sabtu 8 Februari lalu.  (Adm/Mut)

Baca Juga:
TKI Dalam Peti Terapung di Laut, Kemenlu: Semula Tak Bersurat
Jasad TKI Dalam Peti Mati Terapung di Laut, Agen Kabur
Rieke PDIP: Selidiki Kematian TKI Dalam Peti Terapung di Laut!
TKI Dalam Peti Terapung di Laut Diduga Korban Perdagangan Orang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini