Sukses

Baru Beroperasi, BKTB Dirusak Puluhan Sopir Angkot di Tambora

Perusakan terjadi ketika BKTB melintas di Jalan Kopi, Tambora, Jakarta Barat, dekat Kawasan Kota Tua.

Sebuah Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) bernomor polisi B 7713 IV yang baru saja beroperasi dirusak puluhan sopir angkot. Perusakan terjadi ketika BKTB melintas di Jalan Kopi, Tambora, Jakarta Barat, dekat Kawasan Kota Tua.

Narto (40) salah satu saksi mata mengatakan, perusakan BKTB diduga akibat kekesalan para sopir KWK U-11 jurusan Kapuk-Muara Karang dan KWK U-01 jurusan Muara Angke-Grogol yang sepi penumpang.

"Para sopir marah karena BKTB masuk ke rute U11 dan 01 yang terkadang berebut penumpang di Mal Emporium," kata Narto di lokasi kejadian, Selasa (11/2/2014).

Dirinya mengaku melihat puluhan sopir angkot menghadang dan menimpuki BKTB jurusan Ancol-Monas. "Saya lihat tadi ramai-ramai di situ, busnya dicegat dan ditimpuk batu," lanjut Narto.

Sementara itu, salah satu petugas Satgas On Board BKTB Izam Rifsi Wijaya (21) mengatakan, para sopir angkot bertindak brutal saat memberhentikan BKTB.

"Mereka melempari kaca kanan dan kiri, dan di dalamnya ada 2 penumpang. Para sopir itu menyuruh penumpang turun," jelasnya.

Setelah menghancurkan BKTB tersebut, puluhan sopir angkot langsung membubarkan diri. "Tadi saya sama sopir BKTB Hasanuddin akan dipukuli, tapi ada sopir yang tolongin saya. Saat kejadian enggak ada polisi," ungkap Izam.

Setelah kejadian tersebut, sopir BKTB Hasanuddin kemudian melaporkan kasus tersebut ke Mapolsek Penjaringan. Akibat amukan supir angkot tersebut, BKTB nahas itu mengalami kerusakan di bagian kaca depan sebelah kanan dan pintu pengemudi. (Mut/Yus)

Baca juga:

Bus Terintegrasi Busway Beroperasi, Sopir Angkot Demo Jokowi

Masyarakat Transportasi Desak Restrukturisasi Trayek di DKI

Transjakarta (Baru) Karatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.