Sukses

Antisipasi Kelud Meletus, Pemkab Malang Siapkan 50 Ribu Masker

Pemkab Malang menyiapkan 50 ribu unit masker yang nantinya akan dibagikan jika Gunung Kelud meletus dan mengganggu aktivitas warga.

Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, menyiapkan 50 ribu unit masker untuk berjaga-jaga. Masker tersebut baru akan dibagikan jika Gunung Kelud meletus dan mengganggu aktivitas warga di wilayah terdampak.
 
"Kami ada stok sebanyak 50 ribu masker. Tapi tak berencana mengirim masker ke warga sekarang. Karena kalau dibagi sekarang, kami khawatir malah menimbulkan kepanikan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Hafi Lutfi saat dikonfirmasi di Malang, Selasa (11/2/2014).
 
Hafi mengatakan, pihaknya akan memantau kondisi Gunung Kelud selama 3 hari ke depan. Jika sampai abu dirasa mulai mengganggu aktivitas warga, masker tersebut segera dibagikan. Masker saat ini tersimpan di BPBD Kabupaten Malang, PMI Kabupaten Malang, Dinas Kesehatan, serta di berbagai kelompok relawan.

"Saat ini kondisinya juga belum mengganggu aktivitas warga. Kalaupun ada letusan, material batu dan sejenisnya tak akan jatuh ke wilayah kami, karena dinding Kelud di sisi timur dan utara masih mampu menahan," beber Hafi.
 
BPBD Kabupaten Malang juga berharap pihak kecamatan yang desanya masuk zona rawan untuk mengaktifkan posko bencana agar lebih memudahkan penanganan jika terjadi peristiwa yang tak diinginkan.
 
"Jalur evakuasi juga sudah kita siapkan, rencananya dibuat satu arah agar memudahkan. 2 Titik evakuasi juga sudah ada," tutur Hafi.
 
Pagi tadi, BPBD Kabupaten Malang juga sudah menggelar pertemuan dengan BPBD Provinsi Jawa Timur, BPBD Blitar dan Kediri. Pertemuan itu terkait pematangan proses penanganan dan koordinasi antardaerah.
 
Di Kabupaten Malang, ada 9 desa yang berpotensi terdampak langsung letusan Gunung Kelud. Antara lain Desa Pagersari, Sidodadi, Ngantru, Banturejo dan Pandansari di Kecamatan Ngantang. Kemudian di Desa Pondok Agung, Bayem, Kasembon dan Sukosari di Kecamatan Kasembon. Dari desa tersebut, ada 3 desa yang paling rawan, yaitu Desa Pandansari, Banturejo dan Pagersari di Kecamatan Ngantang. (Ado/Sss)

Baca juga:
Status Gunung Kelud Naik Lagi Jadi `Siaga`
Gunung Kelud Berstatus Siaga, Posko Bencana Dibangun
Hewan Mulai Keluar Hutan, Aktivitas Gunung Kelud Diprediksi Naik
Gunung-gunung Api di Indonesia Dipasangi Kamera CCTV
Skenario Evakuasi Warga 9 Desa Jika Gunung Kelud Meletus

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini