Sukses

Jokowi Resmikan Pembangunan Waduk Marunda... Breeett!

Gubernur Jokowi meresmikan pembangunan waduk di Kelurahan Cilincing, Kecamatan Marunda, Jakarta Utara.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meresmikan pembangunan waduk di Kelurahan Cilincing, Kecamatan Marunda, Jakarta Utara, yang dimulai hari ini. Waduk ini merupakan salah satu dari 9 waduk yang akan dibangun tahun ini.

"Bismillah dimulai, waduk ini kurang lebihnya akan seperti di Pluit," kata pria yang karib disapa Jokowi itu di kawasan Marunda, Jakarta, Selasa (11/2/2014).

Waduk seluas 56 hektar itu nantinya akan menampung air yang berasal dari wilayah Jakarta Timur. Air dari Kanal Banjir Timur (KBT) masuk ke Kali Blencong dan kemudian mengalir ke Waduk Marunda. Apabila waduk tersebut penuh, tersedia pompa untuk membuang air ke laut.

"Nanti taman-taman ada di pinggir waduk, mesti ada taman untuk tempat rekreasi," ujar mantan Walikota Solo itu.

Waduk yang pembangunannya dibiayai menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) ini ditargetkan selesai dalam 1 tahun. Setelah Waduk Marunda, Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI akan melanjutkan membangun waduk di kawasan Timur dan Barat Jakarta.

"Nanti kalau alat-alat berat sudah lelang, breeet... semua sudah masuk, kita kerja akan berkejar-kejaran," kata Jokowi.

Waduk Marunda akan dibangun pada lahan seluas 50 hektare. Namun, Pemprov DKI baru akan mengerjakan 30 hektare lahan. Sebab, 26 hektare sisanya masih dalam proses pembebasan lahan untuk dibangun taman rekreasi. Letak waduk tersebut tidak jauh dari Rumah Susun (Rusun) Marunda dan cagar budaya rumah Si Pitung. (Riz/Sss)

Baca juga:

Saat Jokowi Terjebak Macet, Kebelet, dan...
Waduk `Si Pitung` di Marunda Dibangun Bulan Ini
Usai Normalisasi, Jokowi Akan Buat Sodetan Kali Sunter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini