Sukses

2 Lokasi Evakuasi Disiapkan Pemkab Malang Jika Kelud Meletus

2 Lokasi ditetapkan sebagai tempat evakuasi warga di wilayah Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, jika Gunung Kelud nantinya meletus.

2 Lokasi ditetapkan sebagai tempat evakuasi warga di wilayah Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, jika Gunung Kelud nantinya meletus. Lokasi itu adalah Gudang Pariwisata Selorejo serta Gedung Mawar Selorejo.

"Kedua tempat itu juga dijadikan tempat evakuasi saat ada letusan Gunung Kelud pada 2007 lalu," kata Sakirman, anggota tim Jangkar Kelud saat dikonfirmasi di Malang, Selasa (11/2/2014).

Sakirman yang juga mantan Kepala Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang ini menambahkan, untuk jalur evakuasi relatif tak ada masalah, lantaran semua bisa dilalui. Saat ini semua tim terus berkoordinasi serta memantau kondisi terakhir Gunung Kelud yang kini statusnya Siaga.

"Sejauh ini memang belum terasa adanya getaran atau hujan abu akibat gunung meletus. Tapi Tim Siaga Jangkar Kelud di Ngancar Kediri terus memantau aktivitas gunung," papar Sakirman.

Dia menyebutkan, dusun yang paling rawan lantaran cukup dekat dengan Gunung Kelud adalah Dusun Ngeramban Desa Banturejo, Dusun Simo Desa Sidodadi, Dusun Gonggong Desa Pagersari dan Dusun Kenteng di Desa Ngantru.

Kemudian di Desa Pandansari ada 6 dusun yang sangat rawan, antara lain Dusun Bales, Sambirejo, Wonorejo, Munjung, Klangon dan Dusun Kedawun. 6 Dusun ini dihuni sedikitnya 900 kepala keluarga (KK).

"Ada banyak desa yang memang cukup rawan, bahkan di desa rawan itu ada dusun-dusun yang berbatasan langsung dengan zona bencana," tandas Sakirman.

Berdasarkan data yang pernah dikeluarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, ada 9 desa yang berpotensi terdampak langsung letusan Gunung Kelud.

Antara lain Desa Pagersari, Sidodadi, Ngantru, Banturejo dan Pandansari di Kecamatan Ngantang serta Desa Pondok Agung, Bayem, Kasembon dan Sukosari di Kecamatan Kasembon. Dari desa tersebut, ada 3 desa yang paling rawan yaitu Desa Pandansari, Banturejo dan Pagersari di Kecamatan Ngantang. (Ado/Sss)

Baca juga:
Status Gunung Kelud Naik Lagi Jadi `Siaga`
Gunung-gunung Api di Indonesia Dipasangi Kamera CCTV
Skenario Evakuasi Warga 9 Desa Jika Gunung Kelud Meletus

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.