Sukses

Rieke PDIP: Selidiki Kematian TKI Dalam Peti Terapung di Laut!

Rieke Diah Pitaloka meminta agar pemerintah memenuhi hak Anita.

Jenazah tenaga kerja wanita asal Kota Binjai, Sumatera Utara, Anita Purnama Boru Hutahuruk (35) ditemukan mengapung di dalam peti mati di laut Bagansiapiapi Sinaboi, Riau. Anita diduga merupakan korban human trafficking atau perdagangan orang.

Peristiwa nahas itu membuat anggota Komisi IX DPR Rieke Diah Pitaloka buka suara. Ia mendesak agar pemerintah segera melakukan investigasi, untuk mengetahui sebab kematian Anita.

"Saya mendesak Pemerintahan SBY segera melakukan penyelidikan atas penyebab kematian almarhum. Jika memang almarhum terbukti meninggal karena dianiyaya, maka pemerintah SBY harus meminta keterangan dan meminta pemerintah Malaysia untuk memproses siapapun yang telah melakukan kekejaman terhadap almarhum sehingga meninggal," kata Rieke kepada Liputan6.com di Jakarta, Selasa (11/2/2014).

Politisi asal PDIP ini menegaskan tidak boleh ada diskriminasi perlindungan dari pemerintah terhadap para TKI apapun status kerjanya. Selain itu, Rieke juga meminta agar hak-hak almarhum Anita diberikan sepenuhnya.

"Memastikan juga bahwa hak-hak ketenagakerjaan almarhum diberikan oleh sang majikan. Hak ketenagakerjaan yang diberikan tidak boleh sebagai alasan untuk tidak diusutnya kasus ini secara pidana," imbuhnya.

Jasad Anita terapung-apung di dalam peti di perairan Laut Bagansiapi-api, Riau, Jumat 7 Februari lalu. Menurut kakak kandung Anita, Ika Hutauruk, terakhir kali berkomunikasi dengan adiknya pada 30 Januari lalu. Komunikasi terjalin saat sang adik hendak pulang dari Malaysia ke kampung halamannya, Kota Binjai, Sumatera Utara.

Anita berangkat ke Malaysia Agustus 2013 lalu. Ia dibawa oleh wanita bernama Umi. Tak betah bekerja sebagai pembantu rumah tangga, Anita pergi dari rumah majikannya dan kerja ke tempat lain tanpa sepengetahuan Umi.

Umi yang dihubungi keluarga Anita mengaku tak tahu-menahu soal kematian Anita. Bahkan Umi tidak tahu di mana Anita bekerja, hingga akhirnya Anita ditemukan tewas mengapung dalam peti di laut. (Alv/Ndy)

Baca juga:
TKI Dalam Peti Terapung di Laut Diduga Korban Perdagangan Orang
SMS Terakhir Anita, TKI Dalam Peti Terapung di Laut
Jasad TKI Mengapung di Laut, Keluarga: Rasanya Tak Percaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini