Sukses

Bang Yos dan Aher Juga Bahas Kemungkinan Koalisi PKPI-PKS

Koalisi antara PKPI dengan PKS sangat terbuka. Namun, koalisi tersebut masih harus menunggu hasil pemilu legislatif

Salah satu kandidat Calon Presiden dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Heryawan, menemui Ketua Umum Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) Sutiyoso di Jakarta. Selain membahas megapolitan, pertemuan tersebut, ternyata juga membahas wacana koalisi antara kedua partai tersebut usai Pemilu 2014 nanti.

Sutiyoso yang akrab disapa Bang Yos itu menjelaskan, kemungkinan koalisi antara PKPI dengan PKS sangat terbuka. Namun, koalisi tersebut masih harus menunggu hasil pemilu legislatif yang akan berlangsung pada 9 April 2014 mendatang.

"Komunikasi politik dengan PKS setelah pileg. Sesuai dengan pendapatan (parliamentary threshold). Kami nasionalis bisa kerjasama denga PKS," kata Bang Yos usai pertemuan dengan Aher di Jalan Surabaya No 22, Jakarta Pusat, Senin (10/2/2014).

Bang Yos yang juga merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan, keinginannya untuk bisa berkoalisi dengan PKS karena menurutnya koalisi antara partai kecil dengan partai papan tengah memiliki kekuatan yang cukup baik antar keduanya dibandingkan dengan berkoalisi dengan partai besar.

"Saya berharap bisa kita bergabung untuk ikut (Pemilu). Partai kecil dan menengah harus bergabung. Punya kekuatan. Bukan hanya ikut partai besar," ungkapnya.

Di sisi lain, Aher, yang juga merupakan Gubernur Jawa Barat, itu menjelaskan koalisi antara PKS dengan PKPI sangat terbuka. Mengingat, PKS juga memiliki rasa dan ideologi nasionalis seperti halnya PKPI.

"Kita juga nasionalis. PKS-PKPI mungkin terjadi, kita lihat pasca-pileg," ungkap Aher. (Adm/Yus)

Baca juga:
Bang Yos-Aher Bahas Megapolitan, Jokowi Tak Dilibatkan
Aher: Tak Masalah Bersaing dengan HNW dan Anis Matta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.