Sukses

Bus Transjakarta Bekas? Jokowi: Sudah Jelas Tanggung Jawab Siapa

Pemprov DKI memanggil pihak inspektorat untuk mengecek proses pengadaan bus tersebut, hari ini.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meminta Dinas Perhubungan DKI Jakarta bertanggung jawab atas temuan bus-bus Transjakarta dan bus kota terintegrasi busway (BKTB) yang sebelumnya diklaim merupakan bus baru, ternyata dalam keadaan bekas dan rekondisi.

"Mesti ada yang bertanggung jawab. Siapa? Siapa yang bertanggung jawab? Sudah jelas kok siapa," ujar pria yang kerap disapa Jokowi, Senin (10/2/2014)

Apakah yang dimaksud Jokowi tersebut Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono, Jokowi tidak membantahnya. "Ya, sudah jelas lah, siapa lagi," kata Jokowi.

Dia mengatakan, untuk memastikan adanya temuan tersebut, Pemprov DKI memanggil pihak inspektorat untuk mengecek proses pengadaan bus tersebut. "Hari ini nanti tanya ke inspektorat. Laporannya belum sampai ke saya, tapi sudah dicek. Saya mau cek bersama tim pengadaan barang," kata Jokowi.

Jokowi mengaku tak mengetahui kalau ada dugaan bahwa bus tersebut kondisinya rekondisi dan beberapa komponen dan bagian bus adalah bekas. "Belum, baru disuruh ngecek ini. Kalau nggak hari ini paling besoklah," kata dia.

Beredar beberapa foto di salah satu media yang menunjukkan beberapa bagian bus Transjakarta dan BKTB yang baru didatangkan dari Cina dalam kondisi bekas dan rekondisi.

Dalam foto tersebut, tampak bagian beberapa komponen bus seperti tabung oli power steering dan turbo sensor berkarat, selain itu kompresor AC tampak berjamur dan kabel otomatis spion terpasang tak rapi, dan salah satu rangka bus juga berkarat. (Mvi/Yus)

Baca juga:

Jokowi Luncurkan 18 Unit BKTB untuk Perumahan Elite
Jokowi: Mau Murah Naik Metromini, Mau Pakai AC Naik BKTB
Jokowi Bakal Luncurkan Rute BKTB Baru Setiap Pekan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • BKTB

  • bus

Video Terkini