Bus Transjakarta Bekas? Jokowi: Sudah Jelas Tanggung Jawab Siapa

  • Peristiwa
  • 0
  • 10 Feb 2014 11:30
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meminta Dinas Perhubungan DKI Jakarta bertanggung jawab atas temuan bus-bus Transjakarta dan bus kota terintegrasi busway (BKTB) yang sebelumnya diklaim merupakan bus baru, ternyata dalam keadaan bekas dan rekondisi.

"Mesti ada yang bertanggung jawab. Siapa? Siapa yang bertanggung jawab? Sudah jelas kok siapa," ujar pria yang kerap disapa Jokowi, Senin (10/2/2014)

Apakah yang dimaksud Jokowi tersebut Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono, Jokowi tidak membantahnya. "Ya, sudah jelas lah, siapa lagi," kata Jokowi.

Dia mengatakan, untuk memastikan adanya temuan tersebut, Pemprov DKI memanggil pihak inspektorat untuk mengecek proses pengadaan bus tersebut. "Hari ini nanti tanya ke inspektorat. Laporannya belum sampai ke saya, tapi sudah dicek. Saya mau cek bersama tim pengadaan barang," kata Jokowi.

Jokowi mengaku tak mengetahui kalau ada dugaan bahwa bus tersebut kondisinya rekondisi dan beberapa komponen dan bagian bus adalah bekas. "Belum, baru disuruh ngecek ini. Kalau nggak hari ini paling besoklah," kata dia.

Beredar beberapa foto di salah satu media yang menunjukkan beberapa bagian bus Transjakarta dan BKTB yang baru didatangkan dari Cina dalam kondisi bekas dan rekondisi.

Dalam foto tersebut, tampak bagian beberapa komponen bus seperti tabung oli power steering dan turbo sensor berkarat, selain itu kompresor AC tampak berjamur dan kabel otomatis spion terpasang tak rapi, dan salah satu rangka bus juga berkarat. (Mvi/Yus)

Baca juga:

Jokowi Luncurkan 18 Unit BKTB untuk Perumahan Elite
Jokowi: Mau Murah Naik Metromini, Mau Pakai AC Naik BKTB
Jokowi Bakal Luncurkan Rute BKTB Baru Setiap Pekan

Credit: mvi


Related Articles
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler