Sukses

Dubes AS untuk RI: Jokowi Sosok Fenomenal Politik

Duta Besar AS untuk RI Robert Blake memberikan penilaiannya untuk Gubernur DKI Joko Widodo. Ini uraiannya:

Pemilu 2014 segera digelar di Indonesia. Sejumlah nama muncul untuk dijagokan sebagai capres dan memimpin Indonesia. Pihak asing pun menyorot beberapa tokoh nasional.

Duta Besar (Dubes) AS untuk RI Robert Blake pun memberi penilaiannya untuk Gubernur DKI Joko Widodo. Menurut dia, Jokowi adalah sosok yang sangat fenomenal, terutama dalam dunia politik Indonesia.

"Jokowi adalah sosok fenomena politik. Saya sempat menyapanya dalam beberapa kali pertemuan. Saya sangat mengaguminya dengan pencapaian dalam masa pemerintahannya," kata Robert dalam wawancara khusus, seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (10/2/2014).

Dubes yang baru saja bertugas di Indonesia ini juga berpendapat bahwa Indonesia memiliki sejumlah kandidat yang berkualitas. Karenanya, ia sangat menantikan pesta demokrasi berlangsung di Indonesia.

"Saya rasa kalian memiliki sejumlah sosok kandidat yang mengesankan. Saya sangat menantikan dapat merasakan secara langsung di sini proses kampanye pemilu secara penuh," ujar Robert.

Lalu apa AS punya agenda khusus untuk Pemilu 2014 di Indonesia? Robert menampik hal tersebut. "Kami tidak memiliki agenda apapun. kami percaya akan proses demokrasi di Indonesia dan sangat mengagumi kemajuan demokrasi di negara ini untuk menjalin hubungan baik antara warga dan pemerintah sejak tragedi 1998," urainya.

"Kami mempersiapkan beberapa hal taktis. Namun kami percaya pemerintah dan komisi pemilu akan berhasil melaksanakan pemilu ini," tandas Robert. (Riz/Tnt)

Baca juga:

Pengamat: Jika Mega Capres, Internal PDIP Pecah
Survei: Warga DKI Pilih Megawati Ketimbang Jokowi
Survei: 67,8% Warga DKI Ragukan Kemampuan Jokowi Sebagai Presiden

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini