Sukses

Survei: 67,8% Warga DKI Ragukan Kemampuan Jokowi Sebagai Presiden

Sebanyak 67,8 persen publik mengaku kurang optimis dengan kemampuan Jokowi untuk membuat Indonesia lebih baik daripada keadaan sekarang.

Mayoritas masyarakat Jakarta masih meragukan kemampuan Jokowi jika terpilih sebagai presiden Indonesia dalam Pilpres 2014. Setidaknya itulah yang tercermin dari jajak pendapat yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Nasional (LSN).

"Sebanyak 67,8 persen publik mengaku kurang optimistis dengan kemampuan Jokowi untuk membuat Indonesia lebih baik daripada keadaan sekarang ini. Sedangkan yang optimistis hanya 28,9 persen," ujar Peneliti Utama LSN Dipa Pradipta di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, (9/2/2014).

Menurut Dipa, tingginya tingkat pesimisme warga Jakarta terhadap kemampuan Jokowi disebabkan anggapan minimnya pengalaman pria bernama lengkap Joko Widodo itu. Jokowi hanya mempunyai pengalaman sebagai Walikota Solo selama 7 tahun dan menjabat Gubernur DKI selama 16 bulan.

"Sebanyak 12,4 persen responden menganggap Jokowi belum mempunyai pengalamam memimpin dalam skala nasional," tambah dia.

Selain itu, kata Dipa, menurutnya sebagian warga Jakarta menganggap masih ada tokoh lain seperti Prabowo Subianto, Jusuf Kalla, bahkan Ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang dinilai lebih layak dan sarat pengalaman untuk menjadi presiden mendatang.

"Sebanyak 10,8 persen menganggap masih ada tokoh-tokoh lain yang lebih pantas untuk menjadi presiden," ujar Dipa.

Survei yang dilakukan oleh LSN ini dilakukan dalam rentang 10 hingga 26 Januari 2014 dan dilaksanakan di lima wilayah kota kabupaten di DKI Jakarta dengan 790 responden.

Proses pengambilan data dilakukan dengan teknik pengambilan sampel secara berjenjang dengan tingkat margin error sebesar 3,5 persen. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan responden dengan berpedoman kuesioner. (Eks/Ism)

Baca juga:
Survei Unnes: Rakyat `Haus` Regenerasi Pemimpin
Survei: Elektabilitas Jokowi Mulai Disusul Tokoh Lain
Survei LSN: 71,2% Warga Jakarta Tak Setuju Jokowi Jadi Capres


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini