Sukses

[VIDEO] Warga Kulonprogo Bertaruh Nyawa di Atas Tebing Retak

Pasca hujan deras, tebing sepanjang 30 meter di Kulon Progo, Yogyakarta retak dan terancam longsor. Namun warga setempat belum mengungsi.

Selain bencana banjir, hujan dengan intensitas tinggi yang sempat mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia juga mengakibatkan bencana longsor.

Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (9/2/2014) memberitakan, di Dusun Cerme, Kalibawang, Kulonprogo, Yogyakarta, tebing sepanjang 30 meter mengalami keretakan dan penurunan permukaan tanah setelah diguyur hujan deras.

Warga setempat pun mulai cemas melihat retakan tanah di sekitar rumah mereka, karena retakan semakin parah. Tidak hanya mengalami penurunan saja, tanah juga terus bergeser. Namun belum ada satupun warga yang mengungsi.

Untuk mengantisipasi retakan dan penurunan tanah semakin parah, alat peringatan dini sederhana pun dipasang di salah satu rumah. Jika tanah bergeser maka tali pengikat alat akan tertarik dan menyalakan sirine sebagai peringatan agar warga segera menyelamatkan diri.

Akibat kondisi tanah yang memungkinkan akan terjadi longsor ini, warga setempat harus mencari jalan alternatif untuk akses keluar masuk desa. (Nfs/Eks)


Baca juga:

[VIDEO] Ribuan Korban Banjir Bandang di Pemalang Akan Direlokasi
Tergerus Air Kali Bekasi, 2 Makam Warga Tionghoa Longsor
Gunung-gunung Api di Indonesia Dipasangi Kamera CCTV

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.