Sukses

[VIDEO] Mengais Rezeki dari Debu Vulkanik Sinabung

Ratusan ribu ton debu vulkanik yang dimuntahkan Sinabung ternyata juga sekaligus berkah bagi para pengungsi.

Sepekan terakhir warga Dusun Sibintun, Kecamatan Payung, Tanah Karo, tak lagi sibuk memikirkan lahan pertanian mereka yang rusak akibat terkena debu vulkanik Sinabung. Kini mereka sibuk mengais rezeki yang menghampiri bersama letusan Sinabung. Ratusan ribu ton debu yang dimuntahkan Sinabung ternyata juga sekaligus berkah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (9/2/2014), mereka mengumpulkan debu vulkanik dan menyimpannya ke karung-karung yang nantinya dijadikan pupuk. Debu vulkanik lalu mereka jual kepada seorang penampung yang berasal dari Kota Medan, Sumatera Utara. Lumayan, harganya Rp 5.000 per karung.

Salah seorang di antara warga yang mengais rezeki dari debu Sinabung adalah Tarigan. Dalam 2 hari, Tarigan bisa mendapatkan 120 karung debu vulkanik Sinabung. Bagi Tarigan, penghasilan dari menjual debu vulkanik sangat membantu perekonomian keluarganya di pengungsian.

Sejak Gunung Sinabung erupsi pada November tahun lalu, desa-desa yang berada di dalam zona bahaya 5 kilometer seperti desa mati. Tak seorang pun warga tersisa, semuanya mengungsi. Banyak bangunan ambruk karena tidak kuat menahan beban debu vulkanik.

Belum diketahui pasti kandungan apa saja yang terdapat di dalam debu vulkanik. Tarigan dan warga kaki Sinabung lainnya pun tak tahu. Yang ia tahu pasti, debu yang dimuntahkan Sinabung kini adalah rezeki baginya dan keluarga. (Ado/Han)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.