Sukses

[VIDEO] Aktivitas Gunung Kelud Meningkat, Status Tetap Waspada

Meski menunjukkan adanya peningkatan aktivitas gempa, status Gunung Kelud tidak berubah dengan jarak steril 2 kilometer dari kawah.

Sepekan sejak status Gunung Kelud naik menjadi waspada, aktivitas kegempaan gunung yang masuk wilayah Kediri dan Blitar, Jawa Timur ini masih turun-naik.

Pos Pengamatan Gunung Api Kelud mencatat, dari pukul 00.00 hingga pukul 06.00 WIB, Sabtu 8 Februari 2014, terjadi gempa vulkanik dalam 9 kali, gempa vulkanik dangkal 10 kali dan gempa tektonik jauh 5 kali dengan suhu 56,5 derajat Celsius.

Sehari sebelumnya tercatat gempa vulkanik dalam 42 kali, gempa vulkanik dangkal 117 kali, gempa tektonik jauh 11 kali dan gempa tektonik lokal 2 kali dengan suhu 57 derajat Celsius.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (9/2/2014), meski menunjukkan adanya peningkatan aktivitas gempa, status Gunung Kelud tidak berubah dengan jarak steril 2 kilometer dari kawah.

Untuk meningkatkan pengamatan aktivitas Kelud, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menambah alat pengukuruan pengembangan dan pengempisan gunung, CCTV untuk memantau kubah di kawah secara visual, serta alat pengukur kemiringan gunung. (Ado/Han)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia, yang sudah meletus sejak tahun 1901 hingga tahun 2014.

    Gunung Kelud

Video Terkini