Sukses

BNPB Diingatkan Bagikan Bibit Tomat dan Cabai ke Korban Sinabung

Penanganan korban letusan Gunung Sinabung, Tanah Karo, Sumatera Utara, dinilai lamban.

Penanganan korban letusan Gunung Sinabung, Tanah Karo, Sumatera Utara, dinilai lamban. Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun diingatkan untuk menjalankan relokasi serta pemberian bantuan dengan cepat dan tepat sasaran.

"Penanganan yang sudah lamban jangan ditambah lagi dengan realisasi yang meleset," kata anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi Partai Hanura, Soemientarsi Muntoro dalam pesan tertulisnya yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (8/2/2014).

Pria yang karib disapa Mien itu menuturkan, BNPB berencana membagikan 1.500 ekor ayam, 800 ekor sapi, peralatan pertanian, dan pompa air bagi para korban erupsi Gunung Sinabung di Sumatera Utara. Selain itu ada pula bibit tanaman, seperti tomat, cabe, kubis, kentang, wortel, dan sawi yang dibagikan pada Februari ini. 

"Distribusi bibit tanaman pada Februari, jagung Maret, sementara kopi dan jeruk April. Mengingat sekarang sudah Februari berarti BNPB harus melakukannya sesegera mungkin, tepat waktu dan tepat sasaran," ujarnya.

"Pemerintah harus lebih responsif, peka dan memiliki kesatuan gerak dalam menghadapi gelombang bencana. Presiden SBY harus membuktikan pemerintahannya memiliki skema penanggulangan situasi darurat," pungkas Mien. (Ndy/Ein)

Baca juga:
Korban Erupsi Sinabung Dapat Jatah Hidup Rp 6 Ribu per Hari
1.255 Jiwa dari 3 Desa Warga Sinabung Harus Direlokasi
Kemenhut Siapkan Lahan Pengungsian Korban Sinabung di Kabanjahe

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.