Sukses

Cuaca Buruk, Gelombang 3 Meter Diprediksi Terjang Selat Sunda

Gelombang tinggi mencapai 3 meter diprediksi bakal menerjang perairan bagian selatan Lampung.

Cuaca buruk mengancam perairan Selat Sunda bagian selatan Lampung. Gelombang tinggi mencapai 3 meter diprediksi bakal menerjang perairan itu.

Petugas Stasiun Meteorologi Maritim Lampung Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwi Hartomo Ramdani memperingatkan, cuaca buruk ini bakal terjadi hingga Minggu 9 Februari 2014 besok.

"Kondisi perairan Selat Sunda bagian selatan, angin berembus dari barat ke utara dengan kecepatan 5-20 knot, cuaca hujan," kata Dwi di Bandar Lampung, Lampung, Sabtu (8/2/2014).

Cuaca buruk juga diprediksi terjadi di perairan Samudera Hindia Barat Lampung dengan tinggi gelombang 3,5 meter serta di pantai barat Lampung dengan yang mencapai sekitar 2-3 meter.

"Perairan Samudra Hindia barat Lampung, angin berembus dari tenggara ke barat laut dengan kecepatan 5-25 knot, cuaca hujan, tinggi gelombang maksimum 3,5 meter," paparnya.

Sementara kondisi cuaca di perairan Selat Sunda bagian utara, yakni wilayah Merak, Banten-Bakauheni, Lampung, juga diprediksi bakal diterjang gelombang setinggi hingga 2 meter. Angin dengan kecepatan 10 knot akan berembus dari barat ke utara disertai dengan hujan.

"Prakiraan cuaca dan gelombang laut itu berlaku 24 jam, mulai 8 Februari pukul 07.00 WIB hingga 9 Februari 2013 pukul 07.00 WIB," pungkas Dwi. (Ant/Ndy/Ein)

Baca juga:
Gempa 5 SR Goyang Maluku, Tidak Berpotensi Tsunami
Status Anak Gunung Krakatau Waspada, Tak Ada Tsunami
BMKG: Waspadai Cuaca Buruk di Selat Sunda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.