Sukses

RS Marzoeki Mahdi Bogor Siap `Sambut` Caleg Stres

Para caleg memang rentan terkena gangguan kejiwaannya, ketika tidak lolos.

Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Marzoeki Mahdi, Bogor, Jawaa Barat siap menerima calon anggota legislatif (caleg) yang bermasalah dengan kejiwaan akibat gagal maju dalam Pileg 2014.

"Dari fasilitas sangat siap, kita punya 470 tempat tidur khusus jiwa. Kemudian 1.000 karyawan, 16 psikiater, 13 psikolog dan didukung oleh 70 dokter umum," kata Kabag Hukum RS Marzoeki Mahdi, Dr Abdul Farid Patutie saat berbincang dengan liputan6.com, Sabtu (8/2/2014).

Farid mengatakan, para caleg memang rentan terkena gangguan kejiwaan, apalagi ketika tidak lolos. Menurutnya, untuk masuk ke tingkat trauma psikologis itu dipengaruhi oleh faktor sosial, ekonomi, dan motivasi orang untuk menjadi caleg.

"Karena ada orang-orang yang mencalonkan di legislatif ini, motivasinya hanya untuk mengejar materi untuk kebutuhan finansial saja, tanpa didukung ekonomi yang cukup biasanya jika kalah nanti biasanya akan mengaami trauma psikologi yang lebih hebat," jelasnya.

RS Marzoeki Mahdi, tambah dia, tetap mempersiapkan diri 'menyambut' para caleg yang gagal maju sebagai wakil rakyat. Fasilitas baru juga tersedia berupa kamar jiwa kelas utama sebanyak 4 ruang, dan 5 ruang kelas VIP.

"Saat ini masih banyak adalah pasien umum. Tapi untuk ruang sudah kita siapkan kalau ada yang mau dirawat, kita siap tampung," tandas Farid. (Mvi)

Baca juga:
PPATK Sebut Ada Modus Baru Dalam Manipulasi Dana Kampanye Caleg
Saran JK Agar Caleg Terpilih: Tiru Gus Dur dan Jokowi
Kampanye Unik Caleg di Gorontalo: Pakai Komik
[VIDEO] Model Majalah Dewasa Turut Jadi Caleg


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini