Sukses

SD Al Hakim Surabaya Belajar Sejarah Lewat Cerita

Puluhan siswa SD Integral Luqman Al Hakim Hidayatullah Surabaya memeragakan rangkaian cerita.

Citizen6, Surabaya: Dengan suaranya yang lantang dan percaya diri yang tinggi, puluhan siswa SD Integral Luqman Al Hakim Hidayatullah Surabaya memeragakan rangkaian cerita, pada Jumat (7/2/2014).

Cerita yang dimainkan tentang sejarah Islam. Sabrina salah satu ketua kelompok mengatakan kelompoknya memeragakan cerita Nabi Ilyasa.

Sebelum tampil Sabrina mengarahkan kelompoknya untuk siap. "Harus sesuai antara narasi dengan peragaannya," tegas Sabrian kepada anggota kelompoknya.

Ia mengatakan berusaha menampilkan aksesori pakaian kelompoknya sesuai dengan konteks cerita. Karena ceritanya ala timur tengah, pakaian jubah serba hitam pun dikenakan seluruh kelompoknya.

Dalam cerita tersebut berkisah tentang usaha dakwah Nabi Ilyasa kepada kaumnya. "Nabi Ilyasa mendakwahkan risalah dari Allah kepada kaumnya yang menyembah berhala," terangnya.

Nur Aini, guru Pendidikan Agama Islam mengatakan kegiatan pembelajaran cerita ini untuk memudahkan siswa memahami alur sejarah Islam.

"Kegiatan ini lebih kepada belajar sejarah lewat cerita," katanya.

Narasi cerita, kata Aini, dibuat oleh kelompok masing-masing. Tetapi tetap mengacu pada sejarah yang sudah ada. "Kami berikan keleluasaan siswa untuk mengaplikasikan kreatifitasnya," tuturnya.

Harapannya, dengan kegiatan ini sejarah Islam mudah dipahami oleh siswa. "Dengan cerita lebih menarik," pungkasnya. (mar)

Penulis
Markom Hidayatullah
Surabaya, markomhidayatulxxx@gmail.com

Baca juga:
Asah Bakat, 41 Siswa SD di Blitar Ikut Lomba Festival
Sekolah Mepet Jalan, Guru SD Negeri Malangnengah Selalu Was-was
Sertijab Kepala Sekolah SD Negeri Cangkuang 08 Garut

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 7 Januari sampai 7 Februari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Warga Mengadu". Ada hadiah dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Caranya bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini