Sukses

Kapolri Naikkan Pangkat Anggota Brimob yang Gugur di Poso

Kenaikan pangkat itu dari Bhayangkara II menjadi Bahyangkara I, mengingat Putu gugur saat baku tembak dengan terduga teroris.

Kapolri Jenderal Pol Sutarman mengatakan, pihaknya akan menaikan pangkat Anggota Brimob Polda Sulawesi Tengah, I Putu Satria Wibawa. Kenaikan pangkat itu dari Bhayangkara II (Bharada) menjadi Bahyangkara I (Bharatu Anumerta), mengingat Putu gugur saat baku tembak dengan jaringan terduga teroris dalam Operasi Maleo di kawasan Gunung Biru, Poso Pesisir, Poso, Sulawesi Tenggah. Ia gugur saat menjalankan tugas negara.

"Akan kita berikan karena dia gugur dalam melaksanakan tugas," kata Sutarman, usai sertijab Kakorbrimob di ruang Rupatama, Mabes Polri, Jakarta, Jumat (7/2/2014).

Sutarman mengaku terpukul atas peristiwa baku tembak yang menewaskan anggotanya. Karena itu, pihaknya akan mengevaluasi kejadian ini, karena baku tembak di Poso terjadi di wilayah target. "Itu daerah yang sudah diincar," tegasnya.

Dalam ketarangan terpisah, Kepala Biro Penmas Polri Brigjen Boy Rafli Amar menambahkan, baku tembak yang dilakukan Tim Bravo Satuan Brimob Polda Sulteng dan Densus bagian dari operasi penegakan hukum sekaligus pendeteksian kembali di kawasan lereng Gunung Biru yang diduga kamp jaringan teroris.

"Yang dulu kita temukan sebagai tempat latihan dari pelaku teror dan ini di wilayah Poso Pesisir," ungkap dia di Mabes Polri.

Dikatakan mantan Kabid Humas Polda Metrojaya itu, tim Brimob menyusuri lokasi tersebut setelah menemukan tanda-tanda di lapangan adanya aktivitas mencurigakan.

Diduga tempat itu menyimpan bahan material yang digunakan untuk pembuatan bahan peledak termasuk senjata rakitan. Karena itu, lanjut dia, aparat mengintensifkan keberadaan orang di sana.

"Kemudian terjadi penembakan terhadap petugas dan akhirnya terjadi tembak-menembak kurang lebih 2 hingga 3 jam," ungkapnya.

Akibatnya, Putu dan 2 pelaku terduga teroris tewas setelah baku hantam dengan senjata terjadi.

Boy pun membenarkan jika Putu mendapatkan kenaikan pangkat. Putu pangkatnya dinaikkan menjadi Bharatu Anumerta," ungkap dia.

Jenazah Putu, sambung Boy, hari ini dibawa ke Bali untuk dikembalikan ke keluarga. "Ia adalah Anggota Brimob di Polda Sulteng," tandas Boy.(Edo)

Baca juga:

Jenazah Brimob Tewas Baku Tembak di Poso Dipulangkan

Anggota Tewas, Komandan Brimob: Jangan Takut

Brimob Tewas Baku Tembak di Poso, Kapolri: Kita Berduka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.