Sukses

[VIDEO] Warga Bantaran Kali Ciliwung Bosan Kebanjiran

Agar warga bantaran Kali Ciliwung tak terus-menerus kebanjiran, Pemprov DKI Jakarta berencana segera merelokasi mereka.

Kembali bersih-bersih rumah. Inilah kegiatan Husein seharian ini sejak pagi tadi. Dan, ini adalah kali keempat Husein terpaksa membersihkan rumahnya dari sisa lumpur usai banjir menerjang kawasan Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jakarta Timur, sebulan terakhir ini.

Sama halnya dengan Husein, Fatimah juga sudah kembali berbenah. Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (7/2/2014), tak hanya harus membersihkan lantai rumah, Fatimah juga terpaksa kembali mencuci beberapa pakaian yang berhasil diselamatkan meski sempat terendam banjir.

Bosan dan lelah, begitu gambaran perasaan warga yang tinggal di bantaran Ciliwung. Betapa tidak? Rumah mereka bolak-balik terendam banjir saban tahun. Jika banjir surut, barulah warga bisa kembali menjalankan aktivitasnya. Jelas, tak terbayang betapa besar kerugian yang disebabkan oleh banjir.

Kondisi ini tentu jadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang harus segera dituntaskan. Satu di antara solusinya dengan merelokasi warga yang tinggal di bantaran Kali Ciliwung ke rumah susun atau rusun dan Kampung Deret yang akan segera dibangun.

Pemprov DKi telah mensosialisasikan rencana relokasi tersebut kepada warga. Relokasi menjadi bagian dari program normalisasi sungai-sungai di Ibukota, terutama agar banjir yang kerap melanda Jakarta tak lagi menyulitkan warga. (Ans/Ism)

Baca juga:

Banjir Jakarta Mulai Mencari Tempat yang 'Tinggi'
Warga Kampung Pulo Enggan Ngungsi, Petugas Evakuasi Gemas
Rawa Buaya Kembali Terendam, Bantuan Makanan Menipis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini