Sukses

Brimob Tewas Baku Tembak di Poso, Kapolri: Kita Berduka

Kapolri Jenderal Sutarman memimpin doa untuk almarhum Bharada Putu Satria Wibawa.

Kapolri Jenderal Polisi Sutarman memimpin doa untuk almarhum Bharada Putu Satria Wibawa. Putu merupakan anggota Brimob yang tewas saat baku tembak dengan kelompok jaringan teroris kelompok Santoso di Wiralindu, atas Dusun Impo Padalembara, Poso Pesisir, Poso, Sulawesi Tengah pada Kamis 6 Februari kemarin.

Doa diantarkan Sutarman sesaat sebelum pelantikan serah terima jabatan Kepala Korps Brimob (Kakorbrimob) dari Irjen Pol M Rum Murkal kepada Brigjen Robby Kaligis.

"Kita berduka. Bharada Putu Satria gugur saat menghadapi kelompok bersenjata di Poso, Sulawesi Tengah, Kamis kemarin. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberi tempat yang mulia dan keluarganya diberi ketabahan," tegas Sutarman di hadapan para Perwira Polisi di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta, Jumat (7/2/2014).

"Saya mohon kerelaan hadirin yang hadir untuk mendoakan almarhum," pinta Sutarman menambahkan.

Sesaat setelah itu, mantan Kapolda Jawa Barat dan Metro Jaya itu mengingatkan jajaran dibawahnya bahwa sel-sel terorisme masih berkembang dan harus dicegah.

"Sel-sel terorisme yang hidup di berbagai daerah merupakan tantangan kita untuk mencegah sekaligus menegakan hukum," ujar dia.

Selain itu, Sutarman juga mengungkapkan bahwa telah banyak anggotanya yang gugur saat bertugas dalam menghadapi kejahatan. "Anggota kita sudah banyak yang gugur dalam menghadapi kejahatan ini khususnya personel Brimob yang harus selalu siap menghadapi kejahatan ini," bebernya.

Peristiwa baku tembak itu berawal saat Tim Bravo Satuan Brimob Polda Sulteng yang dipimpin Iptu Jemmy menemukan lokasi eks pelatihan kelompok teroris anggota Santoso.

Saat operasi itu, Putu yang merupakan anggota tamtama berpangkat Bhayangkara Dua tewas tertembak saat kontak senjata dengan kelompok yang diduga jaringan teroris di Poso, Sulawesi Tengah, Kamis 6 Februari kemarin sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Sedangkan 1 dari 2 orang pelaku teroris tewas di tempat, dan seorang lagi luka tembak pada kakinya. (Mut/Ism)

Baca juga:
Jenazah Brimob Tewas Baku Tembak di Poso Dipulangkan
Tiba di Palu, 2 Terduga Teroris Poso Langsung Masuk Ruang Jenazah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.