Sukses

Simulasi Demo Pemilu Besok, HI-Thamrin Akan Dialihkan 5 jam

Acara simulasi secara full time akan dimulai pukul 07.00-12.00 WIB yang akan dipimpin Kapolda Metro dan dihadiri Pangdam.

Kepolisian akan membuat simulasi pengamanan demo Pemilu 2014 di depan Gedung Bawaslu pada 7 Februari besok. Lawan arus atau contra flow akan diberlakukan di Jalan MH Thamrin menuju kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat selama 5 jam.

"Diberitahukan Jumat tanggal 7 Febuari 2014 Polda Metro akan menggelar simulasi riil pengamanan Pemilu 2014 di kantor Bawaslu. Acara simulasi secara full time akan dimulai pukul 07.00-12.00 WIB yang akan dipimpin Kapolda Metro dan dihadiri Pangdam," ujar Humas Bawaslu RI Rumonang Silalahi melalui pesan elektroniknya, Kamis (6/2/2014).

Rumonang menjelaskan, jalan sekitar Jalan Thamrin di kawasan Buindaran Hotel Indonesia menuju ke arah perempatan Sarinah akan ditutup sementara, yang dialihkan melalui sistem contra flow. "Tempat parkir Bawaslu akan dikosongkan. Pihak Polri akan men-screening area," ujar Rumonang.

Dalam simulasi tersebut, massa pendemo akan memprotes terhadap keputusan Bawaslu. Dan saat massa yang berunjuk rasa masih normal atau tidak anarki, kendaraan masih bisa melintas di depan kantor Bawaslu. Tetapi, jika situasi berubah menjadi anarkis, lajur tersebut akan ditutup.

"Ada 4 lajur dan 2 lajur dapat dilintasi kendaraan. Nanti kalau skenario sudah berubah menjadi chaos, lajur itu akan ditutup dan mulai contra flow," kata kata Dirlantas Polda Metro Jaya R Nurhadi.

Penggunaan 2 lajur dari arah selatan yakni Sudirman menuju Sarinah atau Kota dimulai sekitar pukul 07.30 WIB. Sementara untuk contra flow akan dimulai sekitar pukul 10.00-10.30 WIB. Nantinya, sistem contra flow, kendaraan masuk di depan Hotel Pullman dan menggunakan 2 lajur.

Kendaraan roda 2 atau roda 4 akan keluar setelah melewati gedung Bawaslu atau perempatan lampu merah Sarinah. Dalam simulasi itu, Polda Metro Jaya juga menyertakan kendaraan water canon. Simulasi itu akan selesai sekitar pukul 11.00 WIB. (Rmn/Adm)

Baca juga:

Simulasi Demo Pemilu Besok, Arah Bundaran HI Contra Flow
Bundaran HI Ditutup Besok, Bawaslu Panen Protes
Simulasi Amankan Bawaslu, Lalu Lintas HI Dialihkan Besok

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini