Sukses

Kader Tewas Dianiaya, Ketua Umum PNA Tuding Polisi Tidak Tegas

Partai Nasional Aceh mendesak pihak Kepolisian Daerah Aceh untuk mengungkap pelaku berbagai kasus kekerasan menjelang pemilu

Partai Nasional Aceh (PNA) mendesak pihak Kepolisian Daerah Aceh untuk mengungkap pelaku berbagai kasus kekerasan menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum di Aceh. Desakan itu disampaikan menyusul penganiayaan yang menimpa kader PNA hingga tewas pada Kamis dinihari tadi.

Ketua Umum PNA, Irwansyah menyebutkan, kader partai PNA di Aceh selama ini kerap menjadi sasaran tindakan kekerasan yang dilakukan oleh kader partai lain. Sejumlah alat peraga dirusak. Selain penganiayaan, ada juga kader PNA yang meninggal. Menurutnya itu terjadi karena lemahnya penegakan hukum oleh pihak kepolisian.

"Aparat penegak hukum tidak tegas. Yang terjadi sepertinya polisi takut atau ada pembiaran," Kata Irwansyah di Aceh, Kamis (6/02/2014).

Irwansyah menambahkan, kekerasan menjelang Pemilu di Aceh dapat diatasi jika aparat bertindak tegas dan tidak membiarkan aksi premanisme tersebut. "Sebenarnya yang terjadi bukan konflik antara PNA dengan PA (Partai Aceh) tetapi karena tidak adanya ketegasan polisi dalam menegakkan hukum," katanya.

Irwansyah mendesak, Kepolsian Aceh untuk mengungkap tak hanya pelaku kekerasan, tapi otak pelaku penganiayaan tersebut hingga menewaskan salah satu kader PNA. "Polisi harus bisa mengungkapnya," tegas mantan Juru Bicara Gerakan Aceh Merdeka wilayah Aceh Besar ini.

Sebelumnya, Ketua PNA Kecamatan Kuta Makmur Juwaini tewas setelah dianiaya dua orang pelaku di kawasan tersebut, pada Kamis pukul 01.30 WIB dini hari.

Kepala Kepolisian Resort Lhokseumawe AKBP Joko Surachmanto menyebutkan, sebelum pengeroyokan tersebut, korban sempat ditanyai oleh kedua pelaku apakah dia menurunkan bendera Partai Aceh di kawasan tersebut.

"Belum sempat dijawab, korban langsung digebukin," ujar Joko melalui sambungan telepon. Polisi saat ini telah mengantongi salah satu identitas pelaku, Polisi juga sedang melakukan pengejaran terhadap kedua pelaku tersebut. (Dji/Adm)

Baca juga:

Dianiaya Orang Tak Dikenal, Kader Partai Nasional Aceh Tewas
Partai Damai Aceh Curhat Bendera Partainya Tak Mejeng di KPU
Puluhan Warga Terjaring Razia Busana Syariah Islam di Aceh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini