Sukses

Kontak Senjata di Poso, 1 Terduga Teroris Juga Dibekuk

I Putu Satria, anggota Brimob yang tewas akibat baku tembak dengan terduga jaringan teroris kelompok Santoso merupakan Tamtama.

1 Anggota Brimob dan 1 terduga teroris tewas dalam baku tembak di Poso, Sulawesi Tengah. Sementara, 1 terduga teroris lainnya mengalami luka tembak di kaki.

"Anggota yang gugur bernama Putu Satria berpangkat Bharada (Bhayangkara Dua) mas. Ini pangkat Tamtama," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulteng AKBP Soemarno kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (6/2/2014).

Kontak senjata antara Brimob Polda Sulteng dengan kelompok terduga teroris jaringan Santoso terjadi di Desa Taunca, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso, terjadi sekitar pukul 10.30 WITA.

Sebelum terjadi baku tembak regu Brimob Polda Sulteng terlebih dulu melakukan patroli rutin di sekitar lokasi tepat pada pukul 10.00 WITA. Saat tengah patroli, personel menemukan berupa pipa yang diduga digunakan sebagai bahan peledak, selongsong, dan beberapa pucuk senjata laras panjang.

"Itu ditemukan personel di sebuah pondok yang ada di Desa Taunca. Setelah menemukan itu, personel langsung melakukan penyisiran. Saat penyisiran itu personel langsung terlibat baku tembak dengan beberapa orang yang diduga teroris jaringan Santoso," tambah Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Ari Dono Sukmanto di Palu, Sulawesi Tengah.

"Selain satu terduga teroris kelompok Santoso tewas, kami juga mengamankan satu terduga teroris lainnya inisial F. F terkena tembakan di kaki dan sekarang sudah diamankan di Polres Poso."

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Boy Rafli Amar menambahkan, selain Bharada Putu, 1 terduga teroris juga tewas. Sedangkan 1 pelaku lagi luka tembak pada bagian kaki. "Dari kelompok teroris 1 meninggal dunia dan 1 tertembak di kaki," ungkap Boy.

Lokasi ini berada sekitar 2-3 kilometer dari pemukiman warga. Saat ini polisi masih memburu dan berupaya melumpuhkan kelompok bersenjata ini. (Mvi/Ism)

Baca juga:

Polri: Kelompok Bersenjata Poso Bagian Jaringan Santoso
Baku Tembak Poso, Polisi Temukan Senpi dan Bom Lontong
Baku Tembak di Poso, 1 Brimob dan 1 Terduga Teroris Tewas
Polda Sulteng Benarkan Ada Baku Tembak di Poso

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini