Sukses

Kecolongan Warga Buang Sampah Sembarangan, Ahok Benahi Satgas

Walaupun selama ini telah ditempatkan satgas untuk mengawasi saluran air, namun kinerjanya belum terlihat.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengaku pihaknya seringkali kecolongan dengan warga yang masih membuang sampah sembarangan di saluran air. Walaupun selama ini telah ditempatkan satgas untuk mengawasi saluran air, namun kinerjanya belum terlihat. 

"Satgas sudah ada, tapi kita mau ubah struktur organisasi. Karena satgas di kelurahan bukan orang teknis," ujar Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (6/2/2014).

Dia menjelaskan, selama ini, seksi kebersihan lingkungan di kelurahan berada di bawah wewenang Walikota. Sementara, satgas Kebersihan dan Pekerjaan Umum (PU) hanya mengawasi sebatas wilayah kecamatan.

Padahal, menurut mantan Bupati Belitung Timur itu, posisi tersebut seharusnya langsung dinaungi oleh Dinas Kebersihan DKI. Sehingga satgas di kelurahan memiliki latar belakang teknis agar tidak hanya memberi anjuran tidak buang sampah, tetapi juga menangangi sampah.

"Tapi kita maunya ngitung di kelurahan ini ada berapa ton sampah. Kita butuh orang teknis. Orang teknis harusnya langsung di bawah SKPD teknis (Dinas Kebersihan). Itu yang kita mau ubah lagi," tandas Ahok. (Riz/Mut)

Baca juga:
`Ronde 2` Ahok Vs Haji Lulung
Ahok `Galau` Pilih Naik BKTB atau Taksi Alphard
Ahok: Dishub DKI Bukan `Macan Ompong` Lagi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.