Sukses

Air Waduk Puit Meluap, Warga Penjaringan Mengungsi

warga yang berada di 7 RT di Kelurahan Penjaringan harus mengungsi lantaran rumahnya tergenang banjir hingga 100 sentimeter

Hujan yang mengguyur Jakarta membuat sejumlah titik di wilayah Ibukota kembali tergenang air. Salah satunya adalah yang terjadi di Pluit, Jakarta Utara. Meski hujan turun dalam intensitas sedang, namun tetap menyebabkan volume air yang masuk ke Waduk Pluit meningkat.
 
Akibatnya, warga yang berada di 7 RT di Kelurahan Penjaringan harus mengungsi lantaran rumahnya tergenang banjir dengan ketinggian hingga 100 sentimeter.

"Yang paling parah itu di RT 19. Ketinggian air mencapai ketinggian 100 sentimeter. Sementara pengungsi yang terdata ada 250 warga dari Rusun Muara Baru," ujar Lurah Penjaringan, Suranta, Jakarta, Rabu (5/2/2014).

Sementara itu, Penanggung Jawab Stasiun Pompa Waduk Pluit, Joko mengatakan, selain disebabkan curah hujan volume air di waduk tersebut meningkat akibat aliran dari Kanal Banjir Barat (KBB) dan 10 sungai yang ada di Jakarta.

"Sekarang airnya sudah tidak bertambah lagi. Kalau sudah mencapai puncak, biasanya 3 jam kemudian baru akan mulai menurun dengan catatan tidak terjadi hujan dan ada kiriman lagi," terang Joko.

Hingga sore hari, ketinggian air di Waduk Pluit melebihi batas aman 180 sentimeter yaitu lebih tinggi 98 sentimeter.(Gen/Eks)

Baca Juga:
Banjir Jakarta Mulai Mencari Tempat yang 'Tinggi'
Imbas Banjir, Jalanan Jakarta Padat Hingga Malam Hari
Warga Kampung Pulo Enggan Ngungsi, Petugas Evakuasi Gemas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.