Sukses

[VIDEO] Antisipasi Letusan Kelud, Ada 15 Titik Jalur Evakuasi

15 titik kumpul di 3 desa di Kabupaten Kediri, Jawa Timur telah disiapkan untuk mengantisipasi dampak letusan Gunung Kelud.

Ada 3 desa di Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang dinilai sangat rawan bila Gunung Kelud meletus. Ketiga desa yang berpenduduk total sekitar 10 ribu jiwa itu berada di ring I dengan radius 10 kilometer dari pusat kawah Kelud.

Seperti dalam tayangan Terkini Liputan 6 SCTV, Rabu (5/2/2014) petang, 15 titik kumpul jalur evakuasi di 3 desa telah disiapkan. Tujuannya untuk mengantisipasi dampak letusan Kelud.

Saat gunung meletus, warga berkumpul di belasan titik untuk kemudian secepatnya dievakuasi ke tempat yang relatif aman. Misalnya, sekolah, masjid, balai desa, dan lapangan.

Namun, hingga kini, banyak warga yang beraktivitas di jalur aliran lahar gunung. Seperti yang terlihat di dam Desa Sembu, Kecamatan Nganjar, Kediri. Padahal, hal tersebut bisa membahayakan keselamatan mereka jika gunung jadi meletus dan aliran laharnya mengalir melalui dam.

Hingga hari ke-4 pascapenetapan status Waspada, aktivitas kegempaan gunung masih fluktuatif. (Ans/Ism)

Baca juga:

Skenario Evakuasi Warga 9 Desa Jika Gunung Kelud Meletus
[VIDEO] Gunung Kelud `Waspada`, BNPB Koordinasi ke 3 Daerah Rawan
Warga 2 Kecamatan di Malang Waspada Letusan Gunung Kelud

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia, yang sudah meletus sejak tahun 1901 hingga tahun 2014.

    Gunung Kelud

Video Terkini