Sukses

BNPB Siapkan Rp 67 M untuk Bangun Rumah Warga Sinabung

Pemerintah berencana merelokasi pengungsi erupsi Gunung Sinabung dengan memberikan hunian tetap.

Pemerintah berencana merelokasi pengungsi erupsi Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara, dengan memberikan hunian tetap. Warga yang mendapat bantuan itu adalah warga yang tinggal di radius 3 km dari Gunung Sinabung.

Saat ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membutuhkan lahan seluas 25 hektare untuk mewujudkan itu. Tapi, yang tersedia baru 15 hektare.

"Rencananya kita bangun di atas lahan 25 hektare. Tapi, yang baru ketemu 15 hektare," kata Sekretaris Utama BNPB Fatchul Hadi di kantornya, Jalan Ir H Juanda, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2014).

BNPB berencana membuat rumah dengan tipe 36. Selain itu, berbagai fasilitas lainnya juga di bangun di lokasi tersebut. Pendataan warga pun masih terus dilakukan.

"Jadi tidak hanya rumah, jalan, air bersih, pusat pertumbuhan ekonomi juga akan kita bangun agar warga tetap produktif," lanjutnya.

Untuk pengadaan lahan 25 hektare yang disiapkan, BNPB menyerahkan tanggung jawab itu ke pemerintah daerah. Sedangkan, pengerjaannya dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum.

"Jadi kami hanya menyediakan dananya. Dananya sudah siap tinggal dilaksanakan. Kami alokasikan Rp 67 miliar," tandas Fatchul. (Mut/Ism)

Baca juga:
Korban Erupsi Sinabung Dapat Beasiswa Hingga Perguruan Tinggi
Aktivitas Gunung Sinabung Tinggi, Basarnas Hentikan Evakuasi
BNPB: Korban Tewas Erupsi Gunung Sinabung Jadi 16 Orang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini