Sukses

Kisruh KBS, Walikota Risma Tagih Janji Menhut

Kendalanya, izin lembaga konservasi mengelola Kebun Binatang Surabaya (KBShingga saat ini belum dikeluarkan Menteri Kehutanan.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini masih kesulitan mengelola Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (PDTS KBS). Kendalanya, izin lembaga konservasi mengelola KBS hingga saat ini belum dikeluarkan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan.

"Semua syarat sudah kami penuhi. Kami harapkan Kementerian Kehutanan segera mengeluarkan izin kepada kami. Apalagi mereka menjanjikan izin lembaga konservasi akan turun pada minggu lalu," ujar Risma di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (5/2/2014).

Risma mengatakan, tanpa izin dari lembaga konservasi, Pemkot Surabaya tidak bisa berbuat apa-apa untuk KBS. Risma juga mempertanyakan, belum turunnya izin seperti yang pernah dijanjikan Kementerian Kehutanan. Terlebih, Pemkot dan KBS telah memenuhi semua syarat yang diperlukan sebagai kelengkapan lembaga konservasi.

Risma sendiri akan menunggu izin dikeluarkan pekan ini. Jika masih belum turun, Rizma akan ke Jakarta pekan depan untuk menagih janji Kementrian Kehutanan.

"Jika izin belum juga turun, Minggu depan saya akan ke Jakarta untuk menagih janji Kementerian Kehutanan," tegas politisi PDIP ini.

Solusi

Meski belum mendapatkan kejelasan tentang izin lembaga konservasi dari Kementerian Kehutanan, Risma tak kehabisan ide untuk membenahi KBS. Caranya, menggunakan dana program Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan yang peduli terhadap satwa.

"Saya pastikan perbaikan jaringan pipa air bersih tidak ada biaya dari Pemkot, karena dibantu lewat program CSR perusahaan," ungkap Risma. Distribusi air bersih akan dilakukan melalui tangki air bersih.

Apa yang dikatakan Risma juga dibenarkan Humas KBS, Agus Supangkat. Menurutnya, kebutuhan air bersih adalah syarat mutlak bagi satwa, terutama dari segi kesehatan.

Beberapa perbaikan yang menjadi prioritas yakni kebutuhan air bersih, kebutuhan pangan satwa, serta perbaikan kandang satwa yang tidak layak. "Ini juga menjadi perhatian untuk dibenahi menjadi lebih baik," kata Agus. (Adm/Ism)

Baca juga:
[VIDEO] Berbenah, Pengelola KBS Gandeng Unair dan Dinas Pertanian
Usut `Keganjilan` KBS, Walikota Risma Tambah CCTV
Menhut: Pengelolaan KBS Diserahkan ke Walikota Risma


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini