Sukses

[VIDEO] Sinabung Masih Awas, Radius 5 Km Harus Dikosongkan

Hingga kini, BNPB dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi masih menetapkan status Awas pada Gunung Sinabung di Karo, Sumut.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih menetapkan status Awas pada Gunung Sinabung. Jarak aman berada di luar radius 5 kilometer dari puncak gunung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (5/2/2014), aktivitas vulkanik Gunung Sinabung masih berlangsung sejak pagi tadi. Semburan debu vulkanik yang memunculkan awan panas masih terlihat.

Dengan kondisi Sinabung tersebut, para pengungsi diimbau bertahan di lokasi pengungsian. Namun, seorang pengungsi bernama Jon Sitepu tetap nekat kembali ke kampungnya. Ia bahkan setiap hari bolak-balik dengan alasan hendak memberikan pakan ternak dan menengok kondisi rumah.

Sejauh ini BNPB mencatat jumlah korban tewas akibat erupsi Gunung Sinabung pada Sabtu 1 Februari silam bertambah menjadi 16 orang.

Korban meninggal bertambah 1 setelah pada Rabu dini hari tadi, Doni Sembiring (70 tahun) yang sempat dirawat di RS Efarina Etaham, Berastagi, Kabupaten Karo, mengembuskan napas terakhir. Sekitar 45 persen tubuh korban mengalami luka bakar yang disertai adanya komplikasi penyakit.

Walau suasana duka mendominasi pengungsian, sukacita tetap terlihat. Pekan lalu, seorang bayi laki-laki lahir di posko pengungsian Gunung Sinabung di Masjid Agung Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumut. Meski lahir dalam situasi darurat, ibu dan sang bayi saat ini dalam kondisi sehat.

Pun demikian seorang guru tetap berdedikasi mengajar meski tengah mengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung. Guru bernama Milon Ginting ini harus berkorban agar tidak terlambat datang ke sekolah yang lokasinya sangat jauh dari pengungsian.

Semangat Milon ternyata menular kepada para muridnya. Sekalipun kerap diguyur hujan abu vulkanik dan berada di bawah ancaman erupsi Gunung Sinabung yang hanya berjarak 7 kilometer dari lokasi sekolah, kegiatan belajar-mengajar tetap berlangsung setiap hari. (Ans/Ein)

Baca juga:

BNPB: Korban Tewas Erupsi Gunung Sinabung Jadi 16 Orang
Dahsyat! Abu Gunung Sinabung Menyebar Sampai Malaysia
[VIDEO] Ikat Janji Sehidup Semati di Pengungsian Sinabung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini