Sukses

Ini Penyebab Banjir di Kawasan Istana Merdeka

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Rabu (5/2/2014) pagi, membuat kawasan di sekitar Istana Merdeka, Jakarta Pusat, banjir.

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Rabu (5/2/2014) pagi, membuat kawasan di sekitar Istana Merdeka, Jakarta Pusat, banjir. Macet pun tak terelakkan.

Menurut keterangan yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, air membanjiri kawasan Istana Merdeka sejak pukul 09.05 WIB.

"Akibat meluapnya kali di Jalan Abdul Muis, Kali Pasar Baru, dan sekitarnya," tulis BPBD DKI Jakarta di laman Facebook-nya.

BPBD DKI mengungkap, saat ini wilayah sekitar Istana Merdeka yakni Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Ridwan Rais, Jalan Pintu Air, Jalan Lautze, Pasar Baru, dan sekitarnya sudah mulai tergenang.

"Ketinggian air mencapai 15 cm hingga 20 cm."

Banjir di depan Istana Merdeka itu mengakibatkan lalu lintas di sekitarnya macet. Jalan dari arah Senen menuju Bundaran HI di depan Istana Negara dipadati ribuan kendaraan yang tak bergerak.

Sejumlah kendaraan, terutama mobil, sempat terhenti di depan Istana Negara selama 1 jam. Halaman Istana tampak dijaga sekitar 10 orang petugas Paspampres yang memakai jas hujan. Mereka mempersilakan motor melewati jalan itu, berbeda dengan hari biasa.

Pantauan Liputan6.com, banjir juga menggenangi kawasan patung Arjuna Wijaya atau yang biasa dikenal patung kuda di depan Gedung Indosat, Jakarta Pusat. (Mut/Yus)

Baca juga:

Depan Istana Banjir, Arus Kendaraan Sempat Terhenti 1 Jam

Gondangdia-Cikini Banjir, Tugu Tani Macet Total

Depan Stasiun Gambir Banjir, Lalu Lintas Lumpuh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini